Abdul Hakim Minta Pancasila Tidak Dibenturkan, Mesti Dijaga dengan Baik

# Dilihat: 129 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim mengajak masyarakat untuk memaknai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Abdul Hakim meminta masyarakat Indonesia menempatkan Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa, dan ideologi negara.

Sebab, hal ini penting di tengah masalah bangsa yang masih banyak ditambah lagi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Abdul Hakim mengatakan, Pancasila mesti dijaga dengan baik. Semua warga wajib menjadikan Pancasila sebagai konsensus sebagaimana kesepakatan para pendiri bangsa tahun 1945.

Abdul Hakim juga meminta warga untuk mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak dengan membenturkan antara Pancasila dan agama, Pancasila dan Alquran, Pancasila dan keyakinan beragama sebagaimana ramai di media massa perihal tes wawasan kebangsaan calon ASN KPK yang dinilai banyak kalangan tidak punya esensi apa-apa.

Abdul Hakim menjelaskan, Pancasila dan agama adalah hal yang seiring dan melengkapi. Tidak bisa dibandingkan dan tidak bisa dibenturkan.

Bahkan sila pertama Pancasila pun mengakui perihal Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pada momentum Hari Lahir Pancasila 1 Juni hari ini, Abdul Hakim mengajak semua masyarakat untuk kembali memaknai Pancasila dengan baik karena diambil dari sendi-sendi kehidupan bangsa kita sejak lama. (*)

  • Bagikan