Bupati Lamteng Musa Ahmad Lantik Ketua FKWT

# Dilihat: 120 pengunjung
  • Bagikan

LAMTENG –;Mardiana Musa Ahmad resmi menjabat Ketua Umum Forum Kelompok Wanita Tani (FKWT ) Berjaya Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Lamteng Musa Ahmad, bersamaan dengan kegiatan Launching Program Menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Berjaya, di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Rabu (8/9/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lamteng Ardito Wijaya, Dandim 0411/Kota Metro Letkol. Inf. Andri Hadiyanto, Kasat Binmas Polres Lamteng AKP. Kurmen Rubiyanto mewakili Kapolres Lamteng, Kepala Kejari Gunung Sugih Edi Dikdaya, Ketua Umum FKWT Berjaya Lamteng Mardiana Musa Ahmad, Wakil Ketua Umum 1 FKWT Indria Ardito Wijaya, Wakil Ketua Umum 2 FKWT Yulita Nirlan, serta Kepala OPD terkait Pemkab Lamteng, dan 28 Ketua FKWT Kecamatan yang dilantik.

“Saya atas nama Pemkab Lamteng mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Pengurus FKWT Berjaya Lampung Tengah. Semoga dapat mengemban amanah jabatan yang telah dipercayakan,” ujar Bupati Musa Ahmad.

Dijelaskan Bupati, Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa, salah satu komoditas utama yakni tanaman padi yang menjadi hasil produksi terbesar di Provinsi Lampung mencapai 555.127,87 ton, atau 21,31%.

Selain itu, produksi jagung pada tahun 2020 menjadi penyumbang terbesar ketiga di Provinsi Lampung, yakni sebesar 13,69%. Selanjutnya produksi ubi kayu juga terus mengalami peningkatan. Dari 2018 sampai dengan 2020, produksi ubi kayu meningkat hampir 300%.

“Pertanian merupakan sektor penopang ketahanan pangan yang sangat krusial di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi pengungkit dalam membantu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Tengah. Oleh karenanya kita harus mendorong petani terutama sektor tanaman pangan untuk tetap berproduksi. Sehingga dapat mengcover kebutuhan pangan, dan menjadi pemasukan bagi para petani di Lamteng,” ungkap Bupati.

Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini berpesan agar pengurus dan anggota FKWT Berjaya Lamteng yang baru dilantik untuk menyusun program kerja.

“Susun program kerja sebaik mungkin. Lakukan terobosan dan inovasi terkini guna mengakomodir kepentingan anggota, dan tentunya memberi manfaat tidak hanya bagi KWT berjaya saja, tetapi juga bagi kemajuan Lampung Tengah, sehingga dapat menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Lampung, serta mewujudkan Lampung Tengah Berjaya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum FKWT Berjaya Lamteng Mardiana Musa Ahmad mengatakan, Pelantikan FKWT merupakan wadah untuk organisasi wanita yang berjumlah 618 kelompok di 28 kecamatan se- Kabupaten Lampung Tengah.

Terbentuknya FKWT Berjaya juga, lanjutnya, atas keinginan seluruh Ketua KWT Kecamatan. Karena melihat potensi peranan wanita yang sangat besar, maka FKWT Berjaya menjadi salah satu wadah bagi kaum wanita untuk dapat mengembangkan kemampuan dan produktivitas dalam pemberdayaan ekonomi lokal sesuai dengan misi dibentuknya FKWT Berjaya Lamteng.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Forkompimda serta Kepala OPD atas dukungan yang diberikan. Hal ini menjadi motivasi dan menyatukan langkah bersama untuk meningkatkan peran wanita dalam proses pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah kedepan,” pungkasnya.

Usai pelantikan, Musa Ahmad meninjau Agro Park Mini yang berada di Komplek Rumah Dinas Bupati Lamteng, di dampingi Wakil Bupati Ardito Wijaya, Ketua Umum FKWT Berjaya Mardiana Musa Ahmad, Wakil Ketua Umum 1 FKWT Indria Ardito Wijaya, Wakil Ketua Umum 2 FKWT Yulita Nirlan, serta Pengurus FKWT Berjaya dan beberapa Kepala OPD terkait. Selain itu, Bupati Lamteng juga menanam Tanaman Obat Keluarga sebagai tanda dimulainya Program Menanam Toga Berjaya. (*)

  • Bagikan