Bupati Way Kanan Apresiasi Gelaran Pengobatan Gratis PT KAI di Blambangan Umpu

157
kegiatan pengobatan gratis Rail Clinic PT KAI Divre IV Tanjung Karang, yang diadakan di Stasiun Blambangan Umpu, Rabu (21/8/2019)

“Kegiatan ini menunjukan kepedualian PT. KAI terhadap masyarakat disekelilingnya untuk berbuat, sebagai keterkaitan antara kereta api dan masyarakat” Raden Adipati Surya (Bupati Way Kanan)

BLAMBANGANUMPU — Kabupaten Way Kanan sangat mengapresiasi pelaksanaan Pengobatan Gratis yang diadakan oleh PT. KAI terhadap jalur yang dilalui khususnya diadakan di Stasiun Blambangan Umpu.

Kegiatan ini menunjukan kepedualian PT. KAI terhadap masyarakat disekelilingnya untuk berbuat, sebagai keterkaitan antara kereta api dan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Waykanan Raden Adepati Surya, melalui Sekda Saipul, saat mengawali sambutannya sekaligus membuka kegiatan pengobatan gratis Rail Clinic PT KAI Divre IV Tanjung Karang, yang diadakan di Stasiun Blambangan Umpu, Rabu (21/8/2019).

Dalam sambutannya ia juga mengatakan, Berbagai program penanggulangan kemiskinan telah diluncurkan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun kabupaten bahkan oleh pihak ketiga seperti swasta melaui Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan kelompok-kelompok peduli lainnya.

Kegiatan-kegiatan bhakti sosial seperti yang diadakan oleh PT. KAI ini perlu digalakan, mengingat masih banyak masyarakat kita yang membutuhkan uluran tangan untuk meringankan beban hidup.

Khusus bantuan dari perusahaan terhadap masyarakat disekelilingnya sangat diperlukan bagi kedua belah pihak.

Disatu sisi perusahaan berada ditengah-tengah masyarakat tentu memerlukan dukungan dari masyarakat. Masyarakat disekitar pun merasa nyaman berada disekitar perusahaan bila mendapat perhatian dari perusahaan.

Jalinan positif itu akan tercipta bila sama-sama memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing.

Beberapa alasan penting mengapa kalangan dunia usaha harus memperhatikan masyarakt disekelilingnya agar sejalan dengan jaminan keberlanjutan operasional perusahaan antara lain :

Pertama, perusahaan adalah bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila perusahaan memperhatikan kepentingan masyarakat.

Perusahaan mesti menyadari bahwa mereka beroperasi dalam satu tatanan lingkungan masyarakat.

Kegiatan sosial ini berfungsi sebagai kompensasi atau upaya timbal balik atas penguasaan sumber daya alam atau sumber daya ekonomi oleh perusahaan yang kadang bersifat ekspansif dan eksploratif, disamping sebagai kompensasi sosial karena timbul ketidaknyamanan (discomfort) pada masyarakat.

Kedua, kalangan bisnis dan masyarakat sebaiknya memiliki hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme. Untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Wajar bila perusahaan dituntut untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, sehingga bisa tercipta harmonisasi hubungan bahkan pendongkrakan citra dan performa perusahaan.

Ketiga, merupakan salah satu cara untuk meredam atau bahkan menghindarkan konflik sosial. Potensi konflik itu bisa berasal akibat dari dampak operasional perusahaan atau akibat kesenjangan struktural dan ekonomis yang timbul antara masyarakat dengan komponen perusahaan.

Mengakhiri sambutan ini saya mengucapkan Terimakasih kepada PT. KAI yang mengadakan kegiatan bhakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat.

Bantuan ini tentunya akan meringankan beban Pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap program Bhakti Sosial ini dapat diberikan lagi kepada masyarakat dimasa mendatang, baik itu bantuan serupa maupun bentuk kepedulian lainnya. Semoga apa yang telah diberikan oleh PT. KAI ini dapat membentuk hubungan yang harmonis antara masyarakat dan perusahaan, sekaligus memberikan contoh bagi perusahaan lainnya untuk mewujudkan kepedulian sosial kepada masyarakat” tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutan pada pembukaan kegiatan bakti sosial, Deputy EVP PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Beni Herbimawan mengungkapkan, bahwa pengobatan gratis ini merupakan salah satu bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel.

Adapun tujuan adanya pengobatan gratis yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan juga untuk mensosialisasikan adanya potensi bahaya jika masyarakat beraktifitas di sekitar rel.

“Pengobatan gratis ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel”, ungkap Beni.

Selain managemen PT KAI Divre IV Tanjung Karang hadir pada acara tersebut dari Muspika setempat antara lain sekretaris daerah kabupaten waykanan, Saipul S.Sos, Camat blmbangan umpu, Perwakilan dinas kesehatan way kanan.

Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menambahkan, layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, poli gigi, cek kehamilan, poli mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

“Undangan kami berikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi masyarakat yang tidak menerima undangpun tetap akan kami layani” jelasnya.

“Selain pengobatan gratis kita juga ada pembagian kaca mata gratis, pemberian peralatan sekolah berupa tas, buku dan alat tulis serta merchandise kepada 30 anak SD” pungkasnya. (*)

Komentar