Coca-Cola Amatil Indonesia Donasikan Sejumlah Produk Minuman untuk Korban Bencana di NTB NTT dan Timor Leste

# Dilihat: 44 pengunjung
  • Bagikan

SURYASUMATERA — Salah satu kegiatan serah terima bantuan produk minuman oleh tim perwakilan CCAI, Donatus Ferdinandus Bata Budo kepada tim Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja Nusa Tenggara Timur pada Jumat, 23 April 2021

Untuk kesekian kalinya sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap komunitas dan masyarakat di sekitar area operasional, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) melakukan inisiatif dalam membantu pemulihan pasca bencana banjir di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), serta juga di wilayah negara tetangga, Timor Leste.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh CCAI adalah bantuan produk air munum dalam kemasan yang secara keseluruhan berjumlah total 26.076 botol air minum dalam kemasan.

Secara teknis alokasi ini terbagi dan disalurkan oleh perwakilan tim CCAI di tiap area wilayah operasi kepada masing-masing lembaga atau pihak di tiap Provinsi dan Negara terdampak untuk selanjutnya proses dan mekanisme penyalurannya diserahkan secara penuh kepada Lembaga atau pihak yang bersangkutan.

Kegiatan serah terima bantuan produk minuman dari CCAI oleh tim perwakilannya, M Faiq Marwa kepada tim BPBD Kabupaten Bima, pada Senin, 19 April 2021 di Posko Logistik Kantor BPBD Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat

Pada Senin, 19 April 2021, prosesi serah terima bantuan di wilayah Kabupaten Bima ini dilakukan di Posko Logistik yang berlokasi di kantor BPBD Kabupaten Bima, NTB.

Sebanyak 6.000 botol bantuan produk minuman air mineral akan disalurkan kepada masyarakat dan pihak-pihak yang turut serta membantu proses pemulihan dan revitalisasi fasilitas umum di wilayah Kabupaten Bima, NTB.

“Kami selaku tim BPBD Kabupaten Bima sangat berterima kasih atas bantuan sejumlah produk minuman dari CCAI. Semoga ini dapat membantu proses pemulihan di wilayah kami” ujar Rizal, salah satu petugas dari tim BPBD Kabupaten Bima, NTB.

Sementara itu di tempat dan waktu terpisah pada hari Jumat, 23 April 2021 juga dilakukan proses serah terima bantuan di wilayah Provinsi NTT, yang dilakukan di Posko Tanggap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja Provinsi NTT, di Aula El Tari Kantor Gubernur Provinsi NTT. Dukungan berupa 16.584 botol air minum dalam kemasan diterima dengan baik oleh Koordinator Pengelolaan Sumbangan Para Pihak, Sylvia Peku Djawang yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Provinsi NTT.

“Terima kasih banyak atas partisipasi dan kepedulian CCAI untuk upaya pemulihan bencana banjir dan badai siklon tropis di hampir semua wilayah NTT. Saya selaku perwakilan petugas dan tim Tanggap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja Provinsi NTT mengapresiasi inisiatif dan semangat CCAI dalam membantu masyarakat sekitar yang terdampak. Nantinya sumbangan ini akan diatur dan disalurkan ke semua wilayah yang terdampak bencana. Semoga ini bermanfaat dalam mendukung upaya proses pemulihan bencana di NTT” ujar Sylvia.

Dari pihak CCAI, Armytanti Hanum Kasmito selaku Regional Corporate Affairs Manager Corporate Affairs CCAI turut menyampaikan bahwa melalui dukungan ini, selain bertujuan membantu upaya proses pemulihan bencana, diharapkan pula bermanfaat sebagai salah satu upaya yang dapat menguatkan semangat masyarakat sekitar yang terdampak di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

Dukungan kepedulian bencana ini tidak hanya dilakukan di wilayah Indonesia saja, namun juga menyasar kepada negara tetangga, Timor Leste, yang ikut terdampak bencana akibat siklon tropis. Melalui pihak Centro De Coordenacao Operacional De Gestao De Riscos De Desastres atau yang dapat disebut sebagai Pusat Koordinasi Operasional Manajemen Risiko Bencana Timor Leste, CCAI memberikan bantuan 3.492 botol air minum dalam kemasan yang selanjutnya untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak di sekitar daerah bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Timor Leste.

Bantuan tersebut diserahterimakan pada Rabu, 28 April 2021 yang diterima oleh tim perwakilan Superintendent of Policia Nacional de Timor Leste (PNTL), Ismael da Costa Babo selaku Director General of Civil Protection, Selain mempererat hubungan antar wilayah negara, bantuan ini juga bertujuan sebagai suatu bentuk kepedulian terhadap kesulitan yang tidak hanya ditujukan untuk WNI tetapi juga terhadap komunitas dan masyarakat negara tetangga yang berbatasan sangat dekat dengan wilayah Indonesia.

Coca-Cola Amatil Indonesia juga senantiasa berusaha mendukung pengembangan masyarakat sekitar melalui berbagai inisiatif seperti program clean-up, bantuan pendidikan bagi anak-anak berprestasi di sekitar fasilitas Amatil Indonesia, penyediaan layanan kesehatan secara cuma-cuma di setiap poliklinik Amatil Indonesia, dukungan penanaman pohon, program pemberdayaan masyarakat lewat program Coca-Cola Forest, serta pengembangan bibit muda sepak bola melalui Coke Kicks.

Amatil Indonesia juga fokus dalam pemberian bantuan kemanusiaan bagi masyarakat, salah satunya dalam menghadapi pandemi Covid-19, Coca-Cola Amatil Indonesia menyalurkan Alat Pelindung Diri, disinfektan, alat kebutuhan medis lainnya, serta paket produk minuman bagi mereka yang bertugas di garis depan dalam penanganan, pelayanan dan perawatan COVID-19 di tanah air dan akan disalurkan melalui mitra-mitra lainnya.

Tentang Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI)

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) adalah perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terkemuka yang berdiri sejak Januari 1992. CCAI merupakan anak perusahaan dari Coca-Cola Amatil (CCA), salah satu pembotolan Coca-Cola terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Sydney, Australia, dan sahamnya tercatat di Bursa Efek Australia.

CCAI mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur di Sumatera, Jawa dan Bali, mempekerjakan lebih dari 8.000 tenaga kerja, dan mendistribusikan jutaan minuman menyegarkan untuk lebih dari 500.000 outlet di seluruh Indonesia.

Diatur oleh empat pilar keberlanjutan terintegrasi: Our People, Our Wellbeing, Our Environment dan Our Community—CCAI telah menjalankan berbagai inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) seperti Coca-Cola Forest, Coke Kicks, bantuan pendidikan, donor darah, dan City Clean-Up, yang semua tumbuh bersama bisnis di seluruh Indonesia. (*)

  • Bagikan