CU Day 2020, Deo: Koperasi Punya Keistimewaan Dibanding Lembaga Keuangan Lain

81

BANDARLAMPUNG — Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Caraka Utama Lampung memperingati Credit Union Day tahun ini dengan cara sederhana, dengan mengadakan syukuran potong tumpeng, yang berlangsung di Kantor Puskopdit Caraka Utama Jalan Za Pagar Alam Rajabasa Bandarlampung, Kamis 15 Oktober 2020.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Doktor Agus Nompitu, Ketua Puskopdit Caraka Utama Yohanes De Deo Widyastoko, serta sejumlah pengurus Puskopdit Caraka Utama.
IMG-20201016-WA0083
Ketua Puskopdit Caraka Utama Yohanes De Deo Widyastoko, saat ditemui usai acara mengatakan, pada minggu ketiga bulan Oktober, tepatnya hari ini Kamis, seluruh dunia memperingati hari sedunia.

Peringatan CU Day punya keunikan karena tidak menetapkan tanggal tapi justru menetapkan hari.

Tema kali ini adalah “Inspiring Hope For Global Community” maksudnya adalah bahwa CU itu menjadi harapan dan inspirasi dari banyak orang yang mau terlibat untuk mencapai tujuan finansial mereka.

“Jadi pada hari ini kita bisa bersama-sama dengan 300 juta orang yang menjadi anggota CU di 118 negara memperingati keberadaannya yang memang merupakan lembaga keuangan yang berbeda, ciri khas yang berbeda apa memang tidak mengutamakan uang bukan segalanya, tapi justru pemberdayaan anggota itulah yang menjadi sangat penting, dan sangat berbeda dengan bank atau lembaga lainnya” ujarnya.

Deo menambahkan, Pada peringatan CU Day tahun ini diperingati secara sederhana karena kondisi covid-19 yang masih menerpa kita semua.

Maka kita mencoba mengadakan kegiatan yang sederhana tapi paling tidak menginspirasi, mengingatkan kembali ke banyak orang bahwa koperasi punya keistimewaan, dan berkoperasi adalah cara yang tepat untuk mencapai tujuan finansial mereka, yang kemudian nanti mereka harus mencapai ke tujuan sosial.

Pada tema kali ini yang paling mendasar adalah Kita juga harus bergerak untuk membantu penyelamatan bumi, itu yang menjadi dasar tema Inspiring hope for Global Community.

Adanya Covid-19 yang banyak berdampak juga pada perekonomian, kondisi gerakan kita di Lampung, kita memang melihat tidak terlalu berdampak signifikan, walaupun ada, koperasi atau anggota yang terdampak, maka kita mencoba untuk melakukan banyak hal tapi yang penting bahwa kita tidak akan meninggalkan pendidikan yang menjadi dasar dari gerakan koperasi ini.

Untuk strategi-strategi bagaimana kita tetap menjalankan itu sudah diawali dengan bagaimana kita untuk cawa cawa Lampung, yang dilaksanakan setiap Jumat malam Sabtu, yang juga bisa menginspirasi Bagaimana teman-teman bisa berbagi banyak hal tentang gerakan kita, lalu bagaimana pendidikan yang lain, kita akan garap bersama dengan metode virtual.

Dari informasi yang diterima juga bahwa teman-teman juga ada yang mendapat bantuan dari Kementerian langsung. Memang mereka mencoba untuk menggali informasi itu dan ada beberapa yang memang yang sudah mendapatkan bantuan secara finansial dari Kementerian tapi itu tidak bisa kita data karena itu langsung oleh Kementerian itu kaitan dengan bantuan yang langsung dari pemerintah.

“Gerakan Koperasi kredit hampir boleh dikatakan tidak terlalu berdampak, hanya ada beberapa anggota yang mungkin minta relaksasi dan kaitan dengan keringanan dan scheduling artinya bisa memperpanjang waktu angsurannya, atau juga mungkin dengan memperbarui pinjaman itu kemudian menyesuaikan dengan kemampuan yang mereka miliki, itu yang dilakukan oleh beberapa kopdit, dan itulah kebijakan yang ada di gerakan Credit Union” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Doktor Agus Nompitu mengatakan,
peringatan hari ulang tahun atau CU Day 2020 ini tentu yang harus kita dorong adalah spirit yang terus dikembangkan, mengingat Credit Union sudah 72 kali dirayakan sedunia.

Oleh sebab itu spirit utamanya adalah prinsip kepercayaan yang harus dibangun, juga kepercayaan terhadap institusinya, sehingga dapat meyakinkan publik termasuk anggota, yang tujuannya ialah dapat meningkat pendapatan untuk kesejahteraan.

“Kepercayaan publik harus kita jaga, koperasi kredit Simpan Pinjam di provinsi Lampung ini harus terus kita Dorong khususnya dalam hal persoalan tata kelola karena yang kita harapkan kalau koperasi kredit koperasi simpan pinjam itu adalah menyangkut kesehatan koperasinya, sehat keuangannya, likuiditasnya, termasuk tata kelola manajemen keuangan kelembagaan ini yang harus kita tingkatkan. Oleh sebab itu KSP-KSP harus menjaga kepercayaan dan SDM pengelolaannya harus yang profesional tersertifikasi” ujar Kadiskop Lampung.

Pada kesempatan itu juga, mewakili Pemerintah Provinsi Lampung, Doktor Agus Nompitu mengucapkan selamat ulang tahun Koperasi Kredit (Credit Union).

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Dinas Koperasi UKM Provinsi Lampung mengucapkan selamat ulang tahun kepada Credit Union mudah-mudahan Credit Union akan terus mendapatkan kepercayaan dari anggota dan masyarakat, dapat membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan anggota maupun masyarakat” tutupnya. (Ih).

Komentar