Dinas Ketahanan Pangan Perkuat Sinergi dengan Gapoktan

230

 

BANDARLAMPUNG – Guna menjaga dan memperkuat stabilitas harga pangan dan stok beras di Provinsi Lampung, Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Provinsi Lampung, beberapa waktu lalu mengadakan pertemuan dengan Gapoktan di 15 Kabupaten Kota se Provinsi Lampung.

“Pertemuan dengan Gapoktan memang harus sering dilakukan, tujuannya ialah agar bisa selalu terpantau kendala-kendala apa saja yang ada di petani, sehingga di rapat itulah semua akan dibicarakan dan diharapkan mendapat solusinya” ujar Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Bahagiati saat dihubungi, Sabtu (10/2).

Dia menjelaskan, di acara pertemuan dengan Gapoktan yang dilaksanakan pada Jumat (9/2) di Kantor DKP itu juga sekaligus dilaksanakan penandatangan nota kesepakatan atau MOU dengan 43 Gapoktan yang  mendapat bantuan dari pusat.

Adapun dana yang akan diberikan kepada gapoktan ialah masing-masing mendapatkan sebanyak Rp160 juta rupiah, dengan rincian pembelanjaannya yaitu Rp100 juta pembelian gabah, dan Rp60 juta untuk operasional.

Dengan diberikannya bantuan pusat tersebut diharapkan para petani yang tergabung dalam gapoktan itu mampu menghasilkan gabah sebanya 35 ton pertahun memenuhi kebutuhan beras di Jabotabek dan Provinsi Lanpung.

Penyerahan bantuan rencananya akan diberikan pada bulan Maret 2018, dan sebelumnya para Gapoktan akan diberikan bimbingan dan penyuluhan, guna memaksimalkan bantuan tersebut.

Perlu diketahui, dalam pertemuan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung juga sekaligus mensosialisasikan Perda Gubernur Lampung, tentang pelarangan menjual gabah ke luar daerah Lampung.

Sebelumnya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung juga menggelontorkan bantuan sebanyak Rp1,16 milyar di Kabupaten Pringsewu untuk 11 Gabungan Kelompok Tani di Kabupaten Pringsewu. Bantuan ini diserahkan bersamaan dengan kunjungan kerja Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri pada kamis (8/2).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kusnardi melalui Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Bahagiati mengatakan bantuan tersebut adalah bentuk komitmen Gubernur Muhammad Ridho Ficardo untuk mensejahterakan masyarakat Lampung termasuk di Kabupaten Pringsewu.

Tidak hanya di Kabupaten Pringsewu saja menurut Bahagiati, namun ada sejumlah Gapoktan di Kabupaten lain yang turut dibantu melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, seperti Gapoktan Lampung Selatan, yang bantuannya diserahkan langsung oleh Gubernur Lampung, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten tersebut. (IH).

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Lampung, Rapat bersama Gapoktan sekaligus melaksanakan MOU bantuan lumbung untuk tahun 2018. Kegiatan diadakan di Kantor DKP beberapa hari lalu.(ss)

Komentar