Dinsos Lampung Laksanakan Restorasi Sosial 2020, Penguatan Solidaritas PSKS Hadapi Pandemi Covid-19

183

BANDARLAMPUNG — Dinas Sosial Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan restorasi sosial 2020, yang berlangsung di Balai Pelatihan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Lampung, jalan Cut Mutia no.23 Teluk Betung Bandar Lampung, Selasa 13 Oktober 2020.

Secara resmi pelaksanaan kegiatan restorasi sosial dibuka oleh Plt. kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Heryana Romdhony, S. Sos, ME.

Pelaksanaan kegiatan restorasi sosial tahun 2020 bertemakan peran serta Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam menghadapi pandemi covid 19.
IMG-20201014-WA0159
Sebagai pemateri, Dinas Sosial Provinsi Lampung menghadirkan Waka IV Posko Satgas Terpadu Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Drs Muhammad Firsada, M.SI, dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Media Lisna, serta moderator oleh Drs. Asnan Sabirin MM selaku Kabag Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Dihadapan Peserta Kegiatan Restorasi Sosial Tahun 2020, dalam sambutannya
kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Heryana Romdhony mengatakan, restorasi sosial merupakan salah satu rangkaian program kegiatan yang penting dalam pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, khususnya di Bidang Pembangunan Kesejahteraan Sosial.

Pelaksanaan Restorasi Sosial tindak lanjuti Peraturan Pemerintah yang diamanatkan melalui: Peraturan Presiden nomor 2 Tahun 2015 tentang Visi, Misi dan Agenda Prioritas Nawacita serta Peraturan Menteri Sosial nomor 22 Tahun 2017 tentang Restorasi Sosial berupa penjelasan yang lengkap tentang penyelenggaraan Restorasi Sosial.

Pengertian umum Restorasi Sosial adalah upaya bersama-sama, terencana untuk mengembalikan keadaan atau situasi pada kondisi sosial seperti semula bahkan lebih baik lagi.

Dengan demikian Restorasi Sosial upaya bersama, yang diarahkan untuk mengembalikan atau memperbaiki kondisi sosial masyarakat yang mengalami degradasi sosial sehingga dapat mencapai kondisi sosial yang ideal.

Restorasi Sosial merupakan gerakan masyarakat dalam kebersamaan, mendorong kearah pembangunan agar keadaan kembali membaik.

Restorasi sosial merupakan aksi sosial yang tumbuh dari masyarakat serta Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, atas prakarsa yang membawa nilai-nilai kebajikan, solidaritas sosial, dan kearifan budaya lokal. Hal ini tentunya akan bersama langsung dengan masyarakat.

Oleh sebab itu ditengah situasi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) PSKS diharapkan dapat memberikan informasi dan pelayanan sosial yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 ini Selain memiliki tugas utama melakukan pelayanan kepada masyarakat, selama masa situasi pandemi Covid-19 ini juga harus mampu melakukan sosialisasi terkait Covid-19 kepada masyarakat.
IMG-20201014-WA0160
Media informasi yang dapat dilakukan dalam sosialisasi pandemi ini antara lain spanduk, spanduk, atau video pencegahan Covid-19 dengan menjalan Protokol Kesehatan seperti:
Membiasakan cuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak bila sedang berinteraksi dengan orang, dan hal-hal lainnya.

Sehingga yang perlu diperhatikan dan ditekankan kepada masyarakat adalah melakukan sesuatu/aksi yang diperlukan pada suatu kondisi dimana diperlukan.

Dengan kata bijak: Apabila setiap orang melakukan apa yang harus dilakukan, maka kita semua dapat melalui ini semua dan kembali ke kehidupan yang normal / baik.

“Dengan kegiatan Restorasi Sosial tahun 2020 mari kita menyimak informasi dari Narasumber agar tidak gagal paham dalam Pandemi Covid-19 ini dan dapat kembali beraktifitas meskipun dalam Situasi New Normal” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Asnan Sabirin MM, dalam kesempatan tersebut mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan restorasi sosial ialah :

1. sebagai upaya mendorong partisipasi sosial generasi muda Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam menguatkan solidaritas dan semangat gotong royong dalam penanganan pandemi covid 19.

2. Sebagai upaya pemulihan nilai-nilai luhur yang mulai memudar kampanye restorasi sosial diperlukan untuk memotivasi gerakan sosial berbasis masyarakat dalam penanganan dampak pandemi covid-19.(ih).

Komentar