Dinsos Lampung Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) ke Kabupaten Kota

# Dilihat: 57 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Dinas Sosial Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).

Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Praba Bandarlampung, diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 7-8 April 2021.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, yang diwakili Sekretaris Drs. Wiwied Priyanto, M.IP.

Peserta terdiri dari Dinas Sosial se Kabupaten Kota se Provinsi Lampung bidang pemberdayaan sosial.

Sebagai Narasumber dalam sosialisasi tersebut, Dinsos Lampung menghadirkan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Asnan Sabirin MM, Kepala Bidang Penanganan Fakir Mskin Dinas Sosial Provinsi Lampung Sunandar, Kasi Kelembagaan Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Agus Mariyanti, dan Kasubag Perencanaan Dinsos Lampung Dra. Haveana.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Wiwied Priyanto, M.IP

Dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si melalui Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Wiwied Priyanto, M.IP menyampaikan, penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial adalah upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial, guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara yang meliputi : rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial.

Salah satu bentuk perwujudan komitmen tersebut adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, penjangkauan penduduk miskin untuk mengakses lebih banyak program penanggulangan kemiskinan.

Kementerian Sosial mewujudkan komitmen ini dengan cara membangun lembaga pelayanan dan perlindungan sosial, yang diharapkan mampu menjadi pilar percepatan dan ketepatan pelayanan bagi masyarakat miskin yang disebut Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di level kabupaten kota dan kesejahteraan sosial Puskesmas di level desa atau kelurahan.

Sebagaimana tujuan dari pembentukan sistem layanan dan rujukan terpadu berdasarkan Permenkes 15 tahun 2018 adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu, meningkatkan akses layanan penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu, mendukung verifikasi dan validasi data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu secara dinamis di daerah.

“Untuk mendukung maksud dan tujuan SLRT, Dinas Sosial provinsi Lampung melakukan kegiatan sosialisasi SLRT, untuk itu kepada para peserta kegiatan ini, diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas dan waktu yang sudah disediakan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung sehingga tujuan sosialisasi ini dapat tercapai” ujar Kadis melalui Sekretaris Dinsos Lampung.(*)

  • Bagikan