Gubernur Ridho Tinjau Kesiapan Kereta Lebaran, Sekaligus Jajaki Pembangunan Kereta Bandara

154

BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bersama jajaran Forkopimda meninjau langsung kesiapan armada kereta api dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menjajaki pembangunan Kereta Bandara, yang telah dibahas dengan Direktorat Jenderal Kereta Api. Gubernur dan Forkopimda menaiki salah satu kereta dari Stasiun Tanjung Karang Bandar Lampung menuju Stasiun Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Kamis (2/05/19).

“Kita melihat kesiapan dari PT KAI dalam melakukan antisipasi menghadapi situasi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, terutama kesiapan untuk berbagi beban dengan mode transportasi lain,” ujar Gubernur.

Selama ini, rute kereta api dari Tanjung Karang menuju Palembang itu memang biasa digunakan oleh warga yang melaksanakan perjalanan mudik.

“Itulah sebabnya mengapa hari ini kita melihat kesiapan-kesiapan tersebut dan saya yakin bahwa dalam kegiatan tahunan ini PT KAI sudah melakukan persiapan-persiapan sebagaimana mestinya dan kita lihat fasilitas-fasilitasnya semakin baik hari ini,” ujar Gubernur Ridho.

Selain terkait kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, peninjauan tersebut juga bertujuan melihat titik-titik lokasi pemindahan Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Raden Inten II Lampung yang semula berada cukup jauh dari lokasi bandara.

“Satu point yang hari ini juga kita lihat yakni bagaimana kita melakukan akselerasi ataupun percepatan untuk membuat alternatif transportasi menuju bandara yakni kereta bandara sebagaimana yang sudah direncanakan dan dirapatkan bersama Dirjen Kereta Api tempo hari,” kata Gubernur.

Oleh sebab itu, lanjut Ridho, rombongan sempat berhenti di Stasiun Branti untuk melihat lokasinya termasuk juga nanti bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar yang menempati lahan negara yakni PT KAI. “Jadi kita bergerak secara akseleratif tetapi juga persuasif,” sebut Ridho.
(*)

Komentar