Kampus ITERA Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19

108

LAMPUNG SELATAN — Aturan 3M (Mencuci tangan pakai sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak) guna mencegah Penyebaran Covid-19, hingga saat ini masih terus diterapkan di lingkungan Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) sejak dimulainya masa tatanan normal baru (new normal) yang diumumkan oleh pemerintah beberapa bulan lalu.

Hal itu disampaikan Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., Kamis (26/11/2020).

Pada kesempatan itu, Rektor juga menjelaskan, kebijakan ini diberlakukan bagi pegawai yakni dosen dan tenaga kependidikan (tendik) dengan tetap mengacu pada protokol new normal yang ditetapkan Kemdikbud.

Sementara bagi mahasiswa penerapan new normal diterapkan pada semester ganjil tahun akademik 2020-2021.

Sebagai panduan pelaksanaan new normal, Rektor Itera pada (5/6/2020) telah mengeluarkan surat edaran nomor: T/188/IT9.A/HK.11/2020 tentang Protokol sistem kerja pegawai pada masa new normal.

Protokol tersebut mengatur seluruh kegiatan yang dilakukan pegawai selama berkegiatan di kampus dengan mengutamakan upaya pencegahan Covid-19.

Sebelumnya, Itera juga telah meminta seluruh pegawai untuk mengisi penilaian diri terkait risiko Covid-19 sebagai pertimbangan apakah pegawai bisa menjalani new normal atau tetap menjalankan work from home (WFH).

Penerapan tatanan normal baru ini mengacu pada kebijakan pemerintah, khususnya Kemendikbud yang mengharapkan perguruan tinggi mulai melakukan tatanan normal baru pendidikan dengan tetap menerapkan disiplin pencegahan Covid-19.

Diharapkan, penerapan new normal di Itera dapat berjalan sesuai dengan protokol, dan seluruh pegawai dapat mematuhi setiap protokol dengan baik.

Perlu diketahui, sejak masa new normal, para pegawai mulai melakukan aktivitas seperti biasa di kampus dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pegawai yang akan memasuki lingkungan kampus menjalani pemeriksaan suhu tubuh di gerbang utama, dan wajib menggunakan masker selama di dalam kampus.

Pegawai, mahasiswa, dan tamu yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 °C tidak diizinkan masuk kampus dan atau berkegiatan di kampus dan diminta untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan.

Pegawai juga diminta untuk melakukan pekerjaan dengan tetap menerapkan pencegahan Covid-19 seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir saat tiba di kantor, mengupayakan tidak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama di area kerja, menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 (satu) meter, membawa peralatan makan dan ibadah pribadi dan membiasakan untuk tidak berjabat tangan.

Dalam pelaksanaan new normal di Itera juga diberikan kebijakan khusus bagi pegawai dengan kondisi kesehatan khusus seperti ibu hamil/memiliki riwayat penyakit degeneratif dan pernafasan diizinkan untuk tetap bekerja di rumah (Work from home) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.

Penggunaan setiap fasilitas gedung, dan proses pelayanan akademik di Itera juga dilakukan dengan mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. (Ih).

Komentar