Kopdit Mekar Sai Rayakan Hari Jadinya ke-29 secara Virtual, Anggota Terus Bertambah

# Dilihat: 24 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Kopdit Mekar Sai merayakan hari jadinya ke-29 dengan penuh kesederhanaan, yang digelar di Kantor Mekar Sai Jl. Ir. H. Juanda No.75, Pahoman, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Kamis 27 Januari 2020.

Acara HUT ke-29 Kopdit Mekar Sai digelar secara Virtual, dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Dalam kesederhanaan itu, perwakilan manajemen menggelar doa bersama, dilanjutkan pemotongan tumpeng, serta pengumuman pemenang lomba solo song yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Mekar Sai ke-29.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Mekar Sai, Haryono Daud, usai acara mengatakan,
29 tahun bukan perjalanan yang singkat, kalau usia manusia itu sudah dewasa, lalu sudah juga punya kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat luas secara dewasa juga, artinya semua yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan.

Koperasi adalah milik anggota maka kedaulatan sepenuhnya itu ada di tangan anggota sehingga hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan organisasi itu harus mendapatkan persetujuan anggota.

“Tentu perjalanannya tidak mulus, meski ada kekurangan sana-sini, dan inilah yang menjadi refleksi kita di tahun ke-29 memasuki tahun ke-30, segala kekurangan akan kita prioritaskan ditahun tahun berikutnya, dan itu sudah masuk didalam perencanaan strategis mekar Sai 2021-2023 kita menyelesaikan hal-hal yang belum kita kerjakan baik itu 10 tahun terakhir yang terkait dengan Restra 2010-2020” ujarnya.

Terkait adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian masyarakat, yang juga termasuk para anggota Kopdit Mekar Sai, Haryono Daud, menjelaskan jika operasional koperasi tetap berjalan lancar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan meski masa pandemi, jumlah anggota terus alami peningkatan.

Selain itu bagi para anggota yang terdampak dari segi perekonomiannya, Kopdit Mekar Sai memberikan keringanan.

“Koperasi berjalan seperti biasa dengan tetap menyelenggarakan protokol kesehatan, pendidikan juga tetap jalan kalau kita juga memperhatikan teman-teman yang mengalami atau terdampak dari pada covid-19 ini kita mencoba memberi jalan keluar apa yang bisa kita bantu ketika itu langsung berdampak baik pada usaha maupun pada kehidupan sehari-hari, salah satu contoh misalnya ketika mulai terdampak di bulan April kita lalu mengumpulkan data ada nggak anggota yang mengalami kesulitan, ketika ada kesulitan terutama mereka yang mempunyai kewajiban mengangsur utang dan sebagainya kita memberi kesempatan yang namanya restrukturisasi dan rescheduling silakan mengajukan lalu kemudian kita majukan proses sesuai dengan permintaan mereka dan syukur sampai dengan 2020 teman-teman yang terdampak sehingga tidak mengakibatkan dampak yang kita sebut fatal”tambahnya.

Haryono Daud juga menjelaskan, dimasa Pandemi ini Kopdit Mekar Sai aktifitasnya tetap berjalan seperti biasa namun banyak dilakukan secara non fisik atau virtual, dan perlu diketahui saat ini aset Kopdi Mekar Sai hampir mencapai Rp600 Miliar.

“kita coba lebih berperan aktif lagi bagaimana hal-hal yang tidak dilakukan secara fisik di 2020 karena pandemi Covid-19, kita lakukan cara-cara non fisik atau virtual, baik itu pendidikannya kontaknya kontraknya dan transaksinya. Saat ini aset hampir Rp600 miliar” tutupnya.(ih).

  • Bagikan