LKKS Lampung Bagikan Sembako untuk Warga Pesawaran

140

PESAWARAN — Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung membagikan paket sembako dan masker kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Sanggi, Padang Cermin, Pesawaran, Selasa (30/6/2020).

Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal, didampingi para anggotanya.

Acara turut dihadiri Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi, Bupati Peswaran H. Dendi Romadhona, dan jajaran forkopimda Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya, Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal mengatakan, terima kasih kepada bapak Gubernur Lampung selaku Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung yang telah memberikan kepercayaan kepada LKKS untuk ikut membantu dalam mendistribusikan bantuan yang diterima oleh Gugus Tugas.

Pada hari ini terdapat 263 paket sembako dari yayasan Budha suci yang didistribusikan LKKS Lampung kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Pesawaran merupakan kabupaten ke-8 yang dikunjungi, mudah-mudahan secara bergilir dan terus-menerus program ini akan menjadi agenda tetap kedepannya.

“Kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan aksi nyata dari bentuk kepedulian gotong-royong, kerjasama dan empati untuk saling menguatkan dan memberikan semangat dalam berjuang bersama melawan pandemi covid 19 di bumi Lampung yang kita cintai ini. Kegiatan ini kiranya dapat menjadi contoh dan motivasi bagi seluruh masyarakat untuk ikut berbagi kepada sesama” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut selain memberikan sembako, Riana Sari Arinal yang juga Ketua TP PKK dan Dekranasda Lampung itu juga menyerahkan bantuan 2 unit wastafel portable yang akan diberikan pada masyarakat Bangun Rejo Kecamatan Punduh Pidada sebanyak 1 unit, dan Kabupaten Pesawaran sebagai fasilitas umum di pusat keramaian 1 buah unit.

Kemudian budidaya ikan dalam ember sebanyak 25 paket pada usaha peningkatan pendapatan keluarga di kabupaten pesawaran semoga ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan keluarga khususnya bagi keluarga yang terdampak ekonomi akibat pandemi covid 19.

Sementara itu, Mbah Iyem, salah satu warga penerima manfaat mengaku sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh LKKS Provinsi Lampung.

“Makasih kepada LKKS Lampung, sudah memberikan bantuan sembako kepada kami, semoga LKKS terus bisa membantu banyak warga lagi” ucap Mbah Iyem seraya tersenyum.

Perlu diketahui, LKKS merupakan lembaga koordinasi antar lembaga/organisasi sosial sebagai representasi peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Wujud peran LKKS adalah membantu pemerintah sebagai lembaga nonpemerintah, bersifat terbuka, independen, dan mandiri.

Tugas LKKS adalah mengkoordinasikan organisasi sosial/lembaga sosial, membina organisasi sosial/lembaga sosial, mengembangkan model pelayanan kesejahteraan sosial, menyelenggarakan forum komunikasi dan konsultasi penyelenggaraan kesejahteraan sosial, melakukan advokasi sosial dan advokasi anggaran terhadap lembaga/organisasi sosial.

Secara eksplisit peran lembaga/organisasi sosial yang dikoordinasi LKKS telah banyak membantu Pemerintah Provinsi Lampung dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

Bebagai pelayanan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang memberikan layanan rehabilitasi sosial bagi anak, penyandang disabilitas dan lanjut usia di dalam dan di luar LKS/panti, diberikan secara baik dan membawa manfaat kesejahteraan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).(ih)

Komentar