Menonton Tayangan Boneka Dapat Membantu Perkembangan Otak Anak

417

Jakarta, SS — Menonton televisi merupakan salah satu aktivitas hiburan bagi anak-anak. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh bagi anak-anak dan orang tua saat menonton tayangan televisi yang berkualitas, salah satunya seperti perkembangan sosial.

Menonton televisi dapat meningkatkan ikatan emosional antara anak dengan orang tua, terutama saat menemani si kecil menonton tayangan favoritnya.

Menurut Leifer dkk (dalam Elizabeth Hurlock, 1980), “Televisi tidak hanya hiburan bagi anak-anak, namun juga
merupakan sarana sosialisasi yang penting.”1 Saat menonton televisi orang tua bisa berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan anak.

Misalnya, orang tua bisa bertanya kepada anak mengenai tayangan yang ditonton dan bagaimana pendapatnya tentang tayangan tersebut.

Melalui cara ini orang tua dapat membuka percakapan yang memikat si kecil untuk mengobrol dan menjelaskan lebih banyak tentang apa yang mereka tonton, hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sosialnya.


Sebuah studi dari Texas Tech University menemukan bahwa ketika orang tua menemani anak menonton TV, anak akan lebih banyak mendapat pembelajaran. Adalah Eric Rasmussen dan Justin Keene dari Universitas Media & Komunikasi yang menemukan perubahan fisiologis pada anak-anak saat orang tua menemani anak menonton TV.

“Jika orang tua menonton televisi dengan anak-anak mereka, mereka akan belajar banyak hal, entah tentang persahabatan, petualangan, bahasa, dll. Orang tua harus memahami manfaat televisi yang satu ini,” kata Eric Rasmussen yang dikutip oleh Parents.com. “Masuk akal jika anak tertarik menonton televisi.

Kegiatan ini dinikmati anak-anak terutama saat didampingi oleh orang tua.”2 Tayangan boneka yang terdiri dari karakter hewan berbulu yang lucu dapat meningkatkan daya tangkap anak melalui gambar visual dan juga musik atau nyanyian.

Jalan ceritanya juga mudah dipahami oleh anak-anak sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinatif pada anak, saat anak-anak melihat dan mengidolakan salah satu tokoh boneka yang mereka sukai, mereka cenderung akan menggambar atau membuat prakarya sehingga membentuk karakter yang mereka sukai tersebut.

Warna dan bentuk dari setiap tokoh karakter dapat mempengaruhi perkembangan otak kanan anak-anak.

3 Studi dari jurnal resmi The American Academy of Pediatrics yang berjudul “Dampak Berbagai Jenis Tayangan Televisi Mengenai Fungsi Eksekutif Anak” menyatakan bahwa pertunjukan boneka tidak berbahaya bagi kemampuan otak anak untuk berpikir dan fokus.

Pertunjukan boneka ini tentu saja memiliki alur cerita seperti kehidupan manusia sehari-hari yang bisa menumbuhkan perkembangan kognitif dan sosial anak.

Untuk menambah kesenangan, keseruan dan proses belajar, orang tua dapat lebih dekat dengan anak melalui tayangan pertunjukan boneka terbaru ZooMoo, Teddies.

Tokoh boneka Teddies terdiri dari Dom, Meeks, Tizzy dan Sparky. Mereka adalah hewan-hewan periang yang tinggal dan bermain di Teddy Town.

Mereka saling bertemu setiap hari dan berteman dekat seperti saudara. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda. Sama hal nya seperti anak-anak, mereka belajar bagaimana rasanya tumbuh besar, berteman, bersikap baik kepada orang lain, membantu, membuat kesalahan, menghormati dan menghargai orang lain. Bahkan terkadang jika keadaan sulit, mereka akan saling membantu, karena itulah gunanya teman.

“First Media melihat kebutuhan pelanggan akan tayangan keluarga yang tidak hanya menyajikan hiburan, tapi memiliki unsur edukasi,” kata, Marketing Communication Department Head PT Link Net Tbk, Djoko Adnan, melalui rilis resminya, Sabtu (24/2).

Djoko menambahkan, sebagai pemimpin dan pionir TV kabel dan jaringan internet broadband di Indonesia, secara konsisten First Media memberikan hiburan terbaik melalui saluran HD yang berkualitas, tidak hanya memberikan hiburan untuk keluarga Indonesia tapi juga memberikan edukasi yang bermanfaat.

“Melalui program Teddies, kami berharap bisa memberikan lebih banyak
kebahagiaan, energi positif dan menjadi sahabat keluarga yang dapat menguatkan ikatan keluarga, khususnya hubungan antara orangtua dan anak,” tambah Djoko.

Teddies hadir di ZooMoo setiap hari Sabtu, pkl 13.00 Wib. ZooMoo bisa diakses melalui kanal 372 (HD) First Media.

Untuk informasi lebih lanjut, ikuti Zoomoo melalui akun Facebook di https://www.facebook.com/zoomooasia/, dan akun @ZooMooAsia di Instagram.

Perlu diketahui, ZooMoo adalah sebuah kolaborasi antara beberapa pembuat film tentang alam liar terkenal di dunia dan praktisi pengajar anak usia dini dari Universitas Otago, Selandia Baru.

Bersama, mereka menciptakan paket yang kuat: sebuah katalis untuk belajar yang melibatkan baik anak maupun orang tua.

Saat ini, selain kanal anak, ZooMoo juga sudah hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat dinikmati melalui perangkat iOS dan Android dan dapat diunduh melalui Google Playstore dan Apps Store.

Aplikasi ZooMoo dapat bersinkronisasi dengan tayangan ZooMoo tanpa menggunakan jaringan internet sebab menggunakan Voice Recognition melalui piranti yang dapat membaca suara hewan yang ada di tayangan ZooMoo dan menampilkannya ke dalam aplikasi secara langsung.

Tentang Link Net – First Media
PT Link Net Tbk (“Link Net”), didirikan pada tahun 1996, merupakan penyedia layanan via kabel yang terbesar di Indonesia, yang menyediakan layanan televisi berbayar*) dengan kualitas tinggi, koneksi broadband berkecepatan tinggi dan komunikasi data di bawah merek “First Media”.

Link Net memiliki dan mengoperasikan jaringan kabel Hybrid Fibel Coaxial (“HFC”) yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk pelanggan-pelanggan ritel dan korporasi.

Link Net juga mengoperasikan layanan televisi berbayar dengan berkolaborasi dengan PT First Media Television (“FMTV”).
Simak lebih lanjut di:

www.firstmedia.com
Kontak Media:
Kezia Romblon Duma Grace Shinta Maruto
Communications Manager Public Relations Account Manager
BAM Asia Entertainment Network LLP PT Link Net Tbk (First Media) Talk Link PR

e-mail: kezia.romblon@blueantmedia.com e-mail: duma.grace@linknet.co.id e-mail: info@talklink.com.pr mobile: +63 919 9997800 mobile: +62 817 6471 097. (*)

Komentar