OJK Sambut Positif Perubahan Visi Bank Lampung

# Dilihat: 24 pengunjung
  • Bagikan

Bandarlampung  — Mengawali tahun 2021 Bank Lampung memproklamirkan perubahan visinya menjadi Bank Pembangunan Daerah Komersial dan Kompetitif dengan fokus pada pembangunan UMKM.

Perubahan ini tentu mengundang perhatian. Bagaimana respon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan perubahan visi Bank Lampung ini. Berikut kutipan wawancara wartawan Transsumatera.id dengan Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto.

Bagaimana OJK melihat hasil kinerja Bank Lampung ditahun 2020 ?
Secara umum kinerja BPD Lampung tahun 2020 relatif baik, hal ini tercermin dari pertumbuhan aset, dana pihak ketiga , kredit dan laba yang masih tumbuh positif meskipun dalam kondisi pandemi COVID19. Selain itu pencapaian RBB Bank per Desember 2020 juga relatif baik , dimana target kredit dan dana pihak ketiga bank dapat dicapai dengan baik bahkan dana pihak ketiga bisa melebihi target.

Di tahun 2021 Bank Lampung melakukan perubahan visinya menjadi Bank Pembangunan Daerah Komersial dan Kompetitif dengan fokus pada pembangunan UMKM. Bagaimana menurut OJK. Apakah langkah Bank Lampung ini sudah tepat?

Rencana perubahan Direksi BPD Lampung untuk beralih kepada sector UMKM merupakan sesuatu yang perlu disambut positif karena selaku Bank Daerah BPD Lampung seyogyanya memang dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung, salah satunya melalui pemberdayaan kepada sektor-sektor ekonomi produktif seperti UMKM.
Meski demikian, rencana perubahan arah bisnis Bank kepada sector UMKM tersebut perlu dipastikan tetap menjaga captive market di segmen pembiayaan kepada ASN dan telah disertai dengan milestone yang terarah dan terukur, serta diikuti dengan penguatan permodalan, SDM dan infrastruktur pendukung sehingga perubahan arah bisnis tersebut dapat berjalan efektif dan optimal dan tidak berdampak pada peningkatan risiko Bank.

Apa saja yang perlu diperhatikan Bank Lampung dengan perubahan visinya ini?
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh BPD Lampung dalam hal akan dilakukannya perubahan arah bisnis menjadi bank komersil dengan fokus kepada sektor UMKM, adalah penyusunan milestone yang terukur dan terarah, penguatan pada SDM, TI, dan infrastruktur pendukung lainnya, penguatan permodalan, dan penguatan pada tata kelola dan penerapan manajemen risiko.

Saat disingging harapan OJK untuk Bank Lampung ditahun 2021 ini, Bambang Hermanto mengatakan OJK berharap BPD dapat berkembang lebih besar terutama dengan semakin terbukanya kegiatan-kegiatan usaha sebagai Bank BUKU II sehingga bisa bersaing secara sehat dengan bank-bank umum lainnya di Lampung dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Lampung. (*)

  • Bagikan