P-Care BPJS Kesehatan, Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Lampung

# Dilihat: 640 pengunjung
  • Bagikan

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Vaksinasi Covid–19 tahap 2 kepada pejabat Provinsi Lampung di Aula Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung pada Kamis (28/01).

Dalam kegiatan tersebut hadir sejumlah pejabat dari seluruh Kabupaten Se-provinsi Lampung, Mulai dari Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Bupati Kabupaten Tanggamus, Bupati Kabupaten Tulang Bawang, Bupati Kabupaten Way Kanan, Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung.

Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Edy Syamsuri menyampaikan, Aplikasi P-Care Vaksinasi ini adalah bagian terintegrasi dari sistem satu data vaksinasi Covid-19 yang mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan.

“Aplikasi P-Care Vaksinasi merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan terhadap upaya percepatan penanganan Covid–19,” kata Edy.

Edy mengungkapkan proses vaksinasi Covid-19 dilakukan dalam 4 tahap, yakni pada tahap pertama proses pendaftaran, tahap kedua dilakukan pemeriksaan atau screening uji kelayakan untuk dilakukan vaksinasi Covid-19, tahap ketiga penyuntikan vaksin dan pada tahap keempat dilakukan pemantauan selama 30 menit, kemudian penerima vaksin akan diberikan sertifikat telah divaksin Covid-19.

Data yang terinput di aplikasi P-Care vaksinasi akan secara langsung terintegrasi dengan data Dashboard milik Komite Penanganan Covid–19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), sehingga dengan adanya data yang valid dan tepat tersebut, dapat membantu Pemerintah untuk upaya pengendalian penyebaran Covid–19 melalui pemberian vaksin.

Dalam kesempatan yang sana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan vaksinasi kepada pejabat daerah Provinsi Lampung, telah dipersiapkan sebaik mungkin.

“Vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan seluruh Kabupaten Kota. Faskes sedang mengentrykan ke dalam aplikasi P-Care dari BPJS Kesehatan, semua yang akan di vaksinasi datanya ada di P-Care dan dicatatkan kembali jika sudah dilaksanakan vaksinasi.

Reihana menargetkan di akhir Bulan Februari 2021 semua tenaga kesehatan di Provinsi Lampung telah melaksanakan vaksinasi Covid -19, baru setelah itu pegawai pelayanan publik yang diprioritaskan terlebih dahulu.

Reihana juga menyampaikan vaksin Covid-19 ini telah dinyatakan halal dan aman oleh LPPOM MUI dan BPOM, sehingga seluruh masyarakat Bandar Lampung tidak perlu takut dan khawatir untuk menerima vaksin.

“Benar bahwa vaksin jni sudah dinyatakan halal dan aman, maka dari itu masyarakat tidak perlu takut untuk di vaksin, karena dengan divaksin melindungi diri, keluarga dan orang sekitar kita. Semoga dengan adanya vaksin ini, wabah Covid–19 dapat segera teratasi,” tutup Reihana.(*)

  • Bagikan