Pelepasan Balon Tandai Pembukaan Dies Natalis 56 Universitas Lampung

# Dilihat: 311 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Pelepasan balon ke udara mewarnai pembukaan Dies Natalis Universitas Lampung (Unila) ke 56 tahun 2021 yang digelar di pelataran lobi Gedung Rektorat setempat, Selasa pagi, 7 September 2021.

Disaksikan segenap sivitas akademika Unila, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., didampingi para wakil rektor dan pengurus Darma Wanita Persatuan (DWP) Unila melepas balon ke udara sebagai simbol diresmikannya rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Unila tahun ini.

Prof. Karomani mengatakan, ini kali kedua peringatan Dies Natalis Universitas Lampung diadakan dalam suasana pandemi Covid-19. Di usianya yang ke 56, Unila tetap berupaya menyelenggarakan peringatan dies melalui beragam kegiatan bermanfaat.

Tak hanya bagi mahasiswa, rangkaian kegiatan digelar bagi para dosen, tenaga kependidikan, unit, lembaga, pelajar, dan juga masyarakat luas.

Pimpinan Unila beserta jajaran sangat mengapresiasi segala upaya panitia dan berbagai pihak untuk memeriahkan dies kali ini.

“Meskipun terdapat kekurangan dalam persiapan dan pelaksanaannya, ini bisa kita maklumi bersama karena berbagai kesibukan dan keterbatasan gerak para panitia. Kami ucapkan terima kasih atas segala jerih payahnya, semoga dicatat Allah sebagai amal ibadah kita semua.”

Prof. Karomani melanjutkan, Unila kini berusia 56 tahun yang berarti semakin tertantang untuk melakukan berbagai perubahan di segala bidang. Salah satunya mencapai visi Unila yakni menjadi 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia sekaligus upaya penguatan daya saing regional dan internasional.

Di antara upaya tersebut, terus berupaya mengimplementasi kebijakan program MBKM, mengembangkan berbagai kerja sama dengan pemerintah daerah, industri, dan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, berjejaring dengan banyak pihak, pengusulan penganugerahan guru tetap, serta penambahan jumlah mahasiswa asing.

Sementara dalam hal pencapaian, salah satu yang patut dibanggakan adalah masuknya Unila dalam pemeringkatan global. Hal yang tidak mudah diraih oleh sebuah perguruan tinggi. Maka itu segenap sivitas akademika sudah sepatutnya berbangga dengan pencapaian tersebut.

Di kesempatan itu Prof. Karomani mengajak seluruh sivitas akademika Unila membangun kepercayaan diri dan optimisme bahwa Unila saat ini sudah menjadi universitas besar dan berkualitas.

“Jadi menurut saya kita harus optimistis. Di hari lahir ke 56 ini jangan pernah kita tidak confident. Unila sudah besar dengan mahasiswa hampir 40.000 orang dan dosen alumni luar negeri mencapai 110 orang,” ujarnya.

Tak lupa ia mengajak semua pihak untuk dapat bersinergi menyosialisasikan pencapaian-pencapaian yang telah diraih Unila dan mewujudkan cita-citanya.

Pembukaan Dies Natalis Unila ke 56 turut dihadiri keluarga besar Unila dan tamu undangan baik secara online maupun offline.

Adapun rangkaian kegiatan perayaan di antaranya kegiatan tridarma perguruan tinggi, seminar nasional dan internasional, workshop, kegiatan pengabdian, berbagai lomba tingkat pelajar, mahasiswa, dan dosen, pengukuhan 16 gelar profesor dan Rekor MURI, rapat senat Unila serta penutupan.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 56 Unila berlangsung mulai 7 September sampai dengan 23 September 2021. (*)

  • Bagikan