Peserta Bimsos UPTD PSBR Radin Intan Tes Antigen Cegah Penyebaran Covid-19

# Dilihat: 253 pengunjung
  • Bagikan
Keterangan Foto : Salah satu peserta Bimbingan Sosial dan Keterampilan tahun 2021, tengah mengikuti tes Antigen.

BANDARLAMPUNG — Sebelum pelaksanaan Bimbingan Sosial (Bimsos) dan Keterampilan yang dilaksanakan oleh UPTD PSBR Radin Intan Lampung dimulai, seluruh peserta telah melaksanakan tes antigen untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala UPTD PSBR Radin Intan Lampung, Ratna Kusumaningrum SH, dalam sambutannya di acara pembukaan kegiatan Bimbingan Sosial dan Keterampilan di UPTD PSBR Radin Intan Lampung, yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.si Senin (24/5/2021).

Dalam kesempatan itu Kepala UPTD PSBR Radin Intan Lampung Ratna Kusumaningrum
juga menambahkan, maksud dan Tujuan diadakannya Bimbingan Sosial dan Ketrampilan UPTD PSBR Radin Intan Lampung dalam rangka pengembangan sosial bagi anak remaja putus sekolah, memberikan pelayanan dan pengembangan sosial bagi anak remaja putus sekolah terlantar tidak yang menjalankan fungsi sosialnya atau dengan kategori kemiskinan dan keterlantaran.

Untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan agar mampu ketrampilan mengembangkan usahanya secara maksimal dan mandiri serta percaya diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosial sebagai anggota masyarakat.

Peserta Bimbingan Sosial dan Ketrampilan PSBR Radin UPTD berjumlah 40 Orang, berasal dari 6 (enam) kabupaten yaitu :

-Kabupaten Tulangbawang 15 (lima belas) orang.
– Kabupaten Mesuji 7 ( tujuh ) orang.
– Kabupaten Lampung Tengah 10 (sepuluh) orang.
– Kabupaten Pesawaran 5 (lima) orang.
– Kabupaten Lampung Selatan 2 orang.
– Kabupaten Bandar Lampung 1 (satu) orang

Narasumber/ Instruktur : Narasumber atau instruktur UPTD PSBR Radin Intan Lampung berasal dari : Dinas Sosial Provinsi Lampung Motivator Tokoh Agama Tenaga Kesehatan Instruktur keterampilan jurusan : Menjahit Servis Motor Elektronik Tata Rias

Bimbingan Keterampilan dan Sosial meliputi : Bimbingan Mental Bimbingan Sosial dan Fisik Bimbingan Keterampilan (Menjahit, Elektronik, Servis Motor, Tata Rias) Bimbingan Keterampilan Tambahan (kerajinan tangan, tata boga, steam motor dan lain sebagainya.

Waktu Bimbingan Sosial dan Keterampilan siswa-siswi UPTD PSBR Radin Intan Lampung, dilaksanakan selama 7 (tujuh) bulan dari Mei s/d Desember 2021.

Metode pembelajaran : Teori dan praktek serta Praktek Belajar Kerja (PBK) bekerjasama dengan dunia usaha.

Pembiayaan : Biaya Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Anak Terlantar UPTD PSBR Radin Intan Lampung Tahun 2021, berasal dari APBD Provinsi Lampung Tahun 2021.

Pelaksanaan bimbingan Sosial dan Keterampilan, saat ini masih belum selesainya masa pandemi Covid-19, maka siswa/i diwajibkan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dan pihak UPTD PSBR Radin Intan akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu membantu siswa dalam penerapan prokes dimaksud yaitu rajin masker,senantiasa menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, selalu memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Bagi siswa/ yang telah dapat yang mengikuti bimbingan sosial dan keterampilan secara penuh maka kepadanya pada saat kembali ke daerah asalnya nanti akan diberikan bantuan stimulan toolkit sesuai dengan jurusan masing-masing, untuk dikembangkan dan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa yang akan datang.

Pada tahun ini direncanakan akan dilakukan PKBM untuk mengikutsertakan siswa-siswi yang belum mempunyai ijazah SMP dan SMA dengan kegiatan Paket A dan B, juga BLK untuk mengikuti kegiatan keterampilan yang bersertifikat. (*)

  • Bagikan