Sumarju : PSM Jangan Kendor Perjuangkan Kesejahteraan Sosial di Masyarakat

244

BANDARLAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung terus berusaha meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) dibidang Pembangunan Kesejahteraan Sosial khususnya bagi relawan sosial yakni Pekerja Sosial Masyarakat. (PSM).

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran akan semakin meningkatnya kualitas Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang tentu saja penanganannya lebih terintegrasi, multi dimensional dan profesional.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni saat membuka Bimtek PSM, di Hotel Batiqa, Bandar Lampung, Senin (1/4/2019).

Didepan 40 orang relawan sosial dari 15 Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Sumarju berharap agar jangan pernah kendor dalam memperjuangkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat kurang beruntung dilingkungannya.

Ia pun meminjam istilah Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri yang kata-katanya ialah “jangan pernah lelah membantu orang lain; lalu lupakan” ujarnya seraya meniru ucapan pak Wagub.

Dalam kesempatan itu, Sumarju menjelaskan, PSM merupakan ujung tombak Pembangunan Kesos ditingkat Desa/Kelurahan peran dan fungsinya tidak dapat dianggap remeh.

Mereka adalah merupakan relawan yang paling dekat dengan PMKS di desanya, sehingga tau persis tentang karakteristik, pola pendekatan, potensi yang mendukung penanganan penyandang masalah sosial yang ada di desanya.

“pendek kata PSM keberadaannya masih sangat strategis dalam penanganan masalah sosial” ujarnya.

Sumarju juga mengatakan, Bimtek yang berlangsung selama dua hari ini terasa bagaikan reuni mengingat sebagian besar peserta merupakan PSM senior angkatan tahun 80an.

Beberapa diantaranya PSM kawakan yang hadir yakni Cain Marfai, Kang Nata dari Lampung Utara, mbah Kirun, M.Harun dari Pesawaran, dan turut serta dihadiri oleh beberapa PSM senior lainnya. (*)

Komentar