Walikota Pimpin Apel Siaga Pendataan Regsosek 2022

Bandar Lampung, Suryasumatera.com- Sebanyak 1.420 petugas pendata dari BPS Kota Bandar Lampung mengikuti apel siaga pendataan registrasi sosial ekonomi ( Regsosek ) di lapangan Korem Garuda Hitam, Jumat ( 14/10/2022 )

Dalam arahanya, Walikota meminta petugas pendata bekerja maksimal dan pemerintah selalu siap memberikan pendampingan kepada petugas yang akan melakukan pendataan .Apalagi, petugas pendataan berhubungan langsung dengan masyarakat.

“ Aparat Kelurahan dan RT akan memberikan pendampingan kepada petugas pendata, karna yang mengetahui dan mengenal warga adalah RT setempat,” ujar Eva Dwiana

Lanjutnya, Walikota juga menjelaskan pendataan registrasi sosial ekonomi merupakan tindak lanjut dari Inpres nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penuntasan Kemiskinan Ekstrem.

Menurut eva data itu memiliki sifat dinamis dan akan terus berkembang, sehingga pentingnya sinergitas dan penguatan literasi pemuktahiran data bagi kesejahteraan masyarakat khususnya kota Bandar Lampung

“ Pendataan ini sangat penting bagi pemda, tapi data itu bersifat dinamis sehingga pentingnya pemutakhirannya dan suskesnya pendataan ini adalah banyak masyrakat yang ikut berpartisiasi,” katanya

Sementara itu, Kepala BPS Kota Bandar Lampung Akhmad Nasrudin mengatakan petugas akan mendata seluruh lapisan masyarakat baik itu warga Bandar Lampung maupun pendatang yang tinggal di Kota Tapis Berseri ini juga termasuk gelalandangan.

“ Petugas akan mendata semuanya, baik itu pendatang maupun gelandangan yang ada di Bandar Lampung,”kata Nasrudin.

Pendataan akan berlangsung dari tanggal 15 Oktober – 14 November secara door to door, dengan melibatkan ketua RT. Akhmad nasrudin juga menjelaskan pendataan tahun ini berbeda dengan sensus penduduk dan sensus ekonomi. Sebab , dalam regsosek 2022 ini pendataan dilangkukan secara lengkap terkait sosial dan ekonominya.