Abdul Hakim Perjuangkan Layanan Fasilitas Kesehatan Mobil Klinik Per Kecamatan

# Dilihat: 30 pengunjung
  • Bagikan

Jakarta – Anggota Komite IV DPD RI daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim memperjuangkan layanan fasilitas kesehatan dalam bentuk 1 mobil klinik di setiap kecamatan di Lampung.

Hal ini, menurut Abdul Hakim, penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan adanya layanan yang mobile, memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan. Ini juga bisa memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan jika diperlukan sesegera mungkin.

Misalnya mengantar pasien gawat darurat ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi setingkat rumah sakit.

Abdul Hakim menjelaskan, mobil klinik rumah sakit berjalan ini sangat bisa diwujudkan dengan melihat bujet di setiap kota/kabupaten.

Ia akan mendorong semua kepala daerah di Lampung agar bisa menyediakan layanan ini.

Ia mengapresiasi optimalisasi fasilitas kesehatan di tingkat kecamatan di seluruh Lampung.

Meski demikian, layanan mobil klinik rumah sakit berjalan ini dinilai akan lebih mengoptimalkan akses masyarakat kepada kesehatan.

Selain itu, dengan adanya mobil rumah sakit berjalan ini, edukasi terhadap kesehatan di lingkungan bisa semakin maksimal dilakukan.

Anggota DPR RI tiga periode ini menuturkan, ia terus berusaha mendorong agar program ini bisa tercapai dengan mengevaluasi setiap tahun.

Senator asal Lampung ini menilai, akses pelayanan kesehatan dasar di Lampung masih kurang. Sasaran penduduk yang dilayani satu puskesmas rata-rata 20 ribu penduduk.

Namun, rasio puskemas per 20 ribu penduduk di Lampung pada 2013 saja adalah 0,78 per 20 ribu warga.

“Di Lampung, sebagian besar puskesmas melayani lebih dari 20 ribu penduduk,” kata Abdul Hakim mengutip data Dinas Pendidikan Lampung periode 2015-2016. (*)

  • Bagikan