Bagoes Bicycle Club (BBC) Bantu Korban Bencana Tsunami Kalianda

617

KALIANDA — Berbagai komunitas pun berbondong-bondong memberikan bantuan bagi para korban terdampak gempa tsunami Selat Sunda yang melanda Lampung dan Banten beberapa waktu lalu, dan hingga kini wilayah yang terdampak muisbat tersebut masih membutuhkan uluran tangan para dermawan.

Bagoes Bicycle Club (BBC) Lampung, Salah satu Komunitas sepeda, yang merupakan salah satu grup sepeda tertua di Lampung, tak tinggal diam melihat kondisi saudara-saudaranya yang kini dalam kondisi kesusahan, dan kelompok pecinta olahraga goes itu pun menyerahkan bantuan untuk korban bencana tsunami di Kalianda Lampung Selatan, Minggu (30/12/2018).

“Adapun bantuan ini adalah berupa mie instan 50 dus, air mineral 29 dus, sarden 100 kaleng, pambalut wanita 2 kardus, roti jordan 25 pack, pakaian bekas 3 karung, pempers bayi 2 dus, sabun cuci 2 dus, dan sabun mandi 10 lusim,” kata Ketua Harian BBC, Pusporiyadi, Minggu (30/12/2018).

Bantuan langsung diserahkan oleh anggota BBC, Ari Tiga Putri, (Pusporiyadi sapaan akrabnya), kepada Koordinator Goweser Lampung, Babeh Ruddy di Posko Goweser yang ada di Kalianda, Lampung Selatan,

Disaksikan juga para goweser yang piket hari ini di sana, salah satunya dari perwakilan club goweser setempat, Ari dari GAK Kalianda, didampingi Gunarno, Wagini dan beberapa anggota BBC lain.

Ari menjelaskan, bila pemberian sumbangan ini merupakan kepedulian komunitas BBC kepada korban bencana di Kalianda, Lampung Selatan.

“Bencana tsunami yang menewaskan ratusan orang dan ribuan orang mengungsi ini sangat mengetuk hati kita. Menjadi kewajiban BBC untuk membantu mereka,” ujarnya.

Menurutnya, penggalangan dana untuk korban bencana Kalianda, dibuka sejak seminggu yang lalu. Adapun penggalangan dana ini dilakukan di internal anggota komunitas dan beberapa dari luar.

Sementara itu, Ketua Umum BBC, Soeharto saat dihubungi terpisah di Bandar Lampung mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada para donatur baik anggota maupun luar yang telah mempercayakan bantuan untuk warga korban bencana.

“Kami masih terbuka menerima dan akan menyalurkan bantuan masyarakat kepada korban bencana,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Bagoes Bicycle Club Lampung didirikan pada 03 Maret 2010. “Waktu itu club sepeda belum menjamur seperti sekarang ini. Jadi bisa dikatakan, kami termasuk club sepeda gowes tertua di Lampung,” kata Sekretaris Umum BBC, A. Syukri Isa, SE, Ak di Bandar Lampung, Minggu (30/12/2018)

Ide pembentukan club menurut Syukri berawal saat dirinya bersama empat rekan lainnya : Soeharto, Aris, Syahrin dan Banbang gowes bareng di UIN Raden Intan Bandar Lampung.

“Nah saat kami gowes bareng, kami terpikir untuk membuat club gowes. Maka Soeharto yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum bersama Pusporiyadi (Ari Tiga Putri) merancang nama BBC,” jelasnya.

Sementara itu, Syukri menambahkan, anggota BBC berjumlah 144 orang dengan visi ‘Gowes itu sehat, satu sepeda sejuta sahabat.

“Sedangkan misi kami mensosialisasikan alat transportasi sepeda ramah lingkungan tanpa polusi udara. Itu tertuang pada akta pendirian, club kami sudah berbadan hukum,” terangnya.

Menurut Syukri, tidak hanya ini saja BBC melakukan aksi sosial. “Beberapa waktu lalu terjadi bencana di berbagai daerah, kami juga mengumpulkan donasi bersama club goweser lain di Lampung,” katanya.

Tidak dipungkuri menurut Syukri, BBC dikenal aktif menyelenggarakan serta mengikuti event gowes bersama club yang tergabung dalam wadah “Goweser Lampung.”

“Beberapa waktu lalu, kami menjadi penyelenggara Lampung Bersepeda (LB) seri 17 dan Gowes Bareng (Gobar) seri 1,” katanya.

“Selain itu kami juga konsisten gowes rutin setiap Sabtu dan Minggu. Basecamp kami di depan Mie Aceh Way Halim, Bandar Lampung, kumpul disana jam 6 pagi,” terang Sekretaris Umum BBC ini.

Dikatakan Syukri, siapapun bisa bergabung menjadi anggota BBC, tidak ada syarat khusus. Saat ini anggota BBC berasal dari beragam latar belakang suku, agama, ras dan golongan.

“Dari mulai tentara, pegawai negeri, pengusaha, pegawai swasta, wartawan, dll. Syaratnya yang pasti harus memiliki sepeda dan bisa main sepeda,” tutup Syukri seraya tersenyum.

Pengurus Inti BBC :
Ketua Umum : Soeharto
Ketua Harian : Pusporiyadi
Sekretaris Umum : A. Syukri Isa, SE, Ak.
Bandahara Umum : Wagini.(*)

Komentar