BI Makin Gencar Terapkan Transaksi Nontunai

374
Kepala Bank Indonesia Kpw Lampung, Budiharto Setyawan (kacamata). (ss)

BANDARLAMPUNG — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung semakin agresif menerapkan Akses Keuangan Layanan Digital, guna mendukung program Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) secara menyeluruh hingga seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Lampung Budiharto Setyawan mengatakan, dengan sistem keuangan semakin maju masyarakat akan di mudahkan untuk melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Inklusi keuangan di terapkan dengan akses keuangan layanan digital, yakni kartu elektronik (e-money) yang akan diberlakukan juga untuk pembayaran masuk jalan tol.

Khusus dalam penggunaan kartu elektronik di tol yang akan segera diaktifkan, pentingnya Bank Indonesia memberikan informasi terkait sosialisasi sarana dan prasarana, syarat sampai cara top up kartu elektronik yang bisa digunakan masyarakat.

“Untuk saat ini, penggunaan e-money di jalan tol Lampung masih gratis sembari menunggu ketentuan dari pemerintah pusat,” ujarnya saat konpers di Darlene Steak, Senin (19/2).

Dia menambahkan, keuntungan menggunakan kartu elektronik yakni perbandingan waktu bisa menjadi lebih efisien atau hanya membutuhkan kurang lebih 2 detik untuk setiap transaksi. “Masyarakat tidak perlu menunggu kembalian uang sehingga terhindar dari uang palsu,” ungkapnya.

Budi menjelaskan, masyarakat bisa memilih kartu yg teregistrasi dan tidak teregistrasi. Untuk sistem yang teregistrasi uang dalam e-money sebesar Rp5 juta sampai Rp10 juta dan untuk yang tidak teregistrasi nominalnya tidak dibatasi.

“Dalam penggunaan e-money harus berhati-hati jika e-money hilang sifatnya seperti uang tunai yakni hilang begitu saja, tetapi jika menggunakan e-money yang teregistrasi bisa mengklaim ke bank yang mengeluarkannya,” jelasnya.

Perlu diketahui, turut hadir dalam acara konpers tersebut Kepala Tim Pengembangan Ekonomi, Kpw Bi Lampung, Meily Ika Permata, Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan, Eko Listiyono.

Komentar