BPOM Lampung Sita Ribuan Kosmetik Ilegal

412

BANDARLAMPUNG, SS — Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Lampung, berhasil mengamankan sebanyak 4.914 kemasan dan 439 jenis kosmetik ilegal hingga tanpa izin edar (TIE).

Kepala BPPOM Lampung, Syamsuliani, didampingi AKPB Budiman dalam konferensi pers yang digelar dikantor BPOM Lampung, Senin (23/7) mengatakan, kossmetik yang diamankan nilainya mencapai sekitar Rp127 juta.

Kosmetik ilegal itu didapat dari hasil sidak di beberapa swalayan dan toko kosmetik yang menjual produk kecantikan wanita tersebut di tiga wilayah, yakni di Bandar Lampung pada 9-10 Juli, dan Metro serta Bandar Jaya Lampung Tengah pada 16-17 Juli 2018.

Syamsuliani juga menerangkan pelaku usaha yang dengan sengaja mengedarkan kosmetik ilegal akan dikenakan sanksi pidana sesuai Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

“ Pengedar kosmetik ilegal bisa dikenakan pidana paling lama 10 tahun dan denda 1 miliar rupiah. Sedangkan, terkait kosmetik yang mengandung zat berbahaya akan dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang pasal 197, yaitu dengan sanksi kurungan paling lama 18 tahun dan denda 1,5 miliar rupiah,” ujarnya. (*)

Komentar