Dinas PPPA Lampung Gelar Bimtek Sistem Informasi Gender dan Anak Berbasis Nasional

71

BANDARLAMPUNG— Dinas PPPA Provinsi Lampung bersama Kementerian PPPA RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis SIGA-BN pada 25-26 September 2019.

Bimtek yang bertempat di Hotel Aston, Bandar Lampung, ini melibatkan 45 peserta dari Dinas PPPA dan Bappeda dari 15 Kab/Kota di Provinsi Lampung

Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) Berbasis Nasional telah dikembangkan oleh @kemenpppa RI dan akan diluncurkan tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Dra. Bayana membuka secara resmi kegiatan ini.

Dalam sambutannnya, Bayana mengatakan bahwa selama ini isu gender dan anak masih kurang diperhitungkan dalam berbagai proses kebijakan pembangunan karena ketersediaan data terpilah yang kurang memadai.

Mengapa data gender dan anak diperlukan? Untuk mewujudkan pembangunan yang responsif gender dan memberi manfaat yang setara untuk semua pihak, data dan informasi merupakan sebuah komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan yang digunakan mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pngukuran terhadap pencapaian kinerja pembangunan

“karenanya, data dan informasi ini sangat dibutuhkan sebagai suatu bahan masukan dalam melakukan perencanaan pembangunan di semua bidang, tidak terkecuali pada pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ujarnya.

Dalam pemaparannya Bayana juga mengatakan, Provinsi Lampung sangat peduli dengan program perlindungan perempuan dan anak.

“Bapak Gubernur dan ibu Wagub sangat concern pada Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam pengelolaan pemerintah yang baik (good governance) sebagaimana yg tertuang dalam visi Lampung Berjaya,” ujar Bayana.

Perwujudan kepedulian itu dimulai dari penyusunan data yang akurat, terintegrasi serta terpilah, yang kemudian akan dijadikan pedoman dalam pengambilan kebijakan pembangunan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta peningkatan peran perempuan dan perlindungan anak.

BACA JUGA:  IM3 Ooredoo Makin Seru dengan Instagram Tanpa Kuota

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara kabupaten/kota dan provinsi serta peningkatan pengetahuan dan wawasan ASN Dinas PPPA serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam mengelola data gender dan anak,” tambah Bayana.

Ia juga mengatakan, melalui proses pengumpulan data yang terintegrasi dan akurat ini, Bayana berharap dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan dan pemetaan kondisi gender dan anak.

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan beberapa terobosan penting baik melalui penerbitan kebijakan, maupun program kegiatan yang dapat berimplikasi langsung terhadap terwujudnya Keadilan dan Kesetaraan Gender.

Salah satunya adalah melalui pengumpulan dan pemanfaatan Data Sistem Informasi Gender dan Anak atau yang disingkat SIGA. (*)

Komentar