Dinas Sosial Provinsi Lampung Laksanakan Kegiatan Penguatan Nilai-Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial 2021

# Dilihat: 497 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Dinas Sosial Provinsi Lampung Menyelenggarakan kegiatan Penguatan Nilai-Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial 2021, bertempat di Aula BP Paud dan Dikmas Lampung, Jalan Cut Mutia Bandarlampung, Kamis (18/6/2011).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs.Aswarodi M.Si melalui Kabid FM Sunandar dalam kesempatan itu menyampaikan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa para pahlawan.

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya, sudah selayaknya menghormati dan menghargai para pahlawan atau pejuang yang telah mencurahkan segala perhatian, pengabdian, dan pengorbanan jiwa, raga, maupun harta demi kemerdekaan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejarah mencatat bahwa untuk mendirikan NKRI diperlukan proses perjuangan yang panjang dan amat berat oleh para pahlawan demi tercapainya kemerdekaan NKRI.

Para pahlawan dalam merebut kemerdekaan telah mewariskan nilai-nilai luhur kepada kita semua, nilai-nilai luhur tersebut adalah Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang maha esa, cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan nasionalisme dan patriotisme, teguh dalam pendirian dan cita-cita, berani dan rela berkorban, anti segala bentuk penjajahan dan diskriminasi persatuan dan kesatuan kesetiakawanan dan kebersamaan loyalitas kepada bangsa dan negara, berbudi luhur dan dapat dipercaya, kebebasan berpikir berpendapat dan berkreasi, ulet dan tabah menghadapi tantangan, disiplin, idealisme dan profesionalisme, nilai-nilai luhur inilah yang dinamakan nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Pemerintah pusat melalui Direktorat Kepahlawanan Keperintisan Kesetiakawanan dan Restorasi sosial, telah menganggarkan beberapa kegiatan di dekonsentrasi pada tahun 2021, antara lain penguatan nilai-nilai kepahlawanan dan keperintisan melalui guru dan tokoh masyarakat yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Selanjutnya olimpiade pahlawan, bertujuan meningkatkan pemahaman nilai-nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial pada generasi muda untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk peduli dan Berbagi bersama dengan hasil yang diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sosial yang ada.

Sebagai tindak lanjut dari program kegiatan yang ada di Direktorat Kepahlawanan Keperintisan Kesetiakawanan dan restorasi sosial (K2KRS) tersebut Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial, mengadakan kegiatan penguatan nilai-nilai pahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial dalam rangka penyelenggaraan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan dan keperintisan kepada para guru dan masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini sebagai upaya memberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan masyarakat agar memiliki pemahaman tentang bagaimana memperkuat nilai-nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial dalam rangka penyelenggaraan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan dan perintisan untuk selanjutnya dapat mensosialisasikannya kepada generasi muda dan semua unsur masyarakat” ujar Kadis.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Asnan Sabirin MM, dalam kesempatan itu juga mengatakan, dalam kegiatan ini Dinas Sosial provinsi Lampung menghadirkan pemateri dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung, Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Provinsi Lampung dan dari Dinas Sosial Provinsi Lampung adapun metode kegiatan yaitu penyampaian materi, tanya jawab dan diskusi. Peserta kegiatan terdiri dari guru bidang studi sejarah SMA/SMK, TKSK, PSM dan dari Tagana Provinsi Lampung.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dan keperintisan dalam semangat pantang menyerah, inovatif, menjunjung tinggi nilai solidaritas, serta kesetiakawanan sosial di lingkungan pendidikan dan kelompok masyarakat.

Memperkenalkan para pahlawan Lampung dan nilai-nilai kepahlawanan dan keperintisan pada generasi muda sejak dini melalui tenaga pendidik dan tokoh masyarakat.

Memperkuat dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui pilar-pilar sosial, dengan dilandasi semangat pahlawanan.

Memberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan pada guru dan tokoh masyarakat, agar memiliki pemahaman tentang bagaimana memperkuat restorasi sosial untuk selanjutnya dapat mensosialisasikan kepada generasi muda, dan semua unsur masyarakat.(*)

  • Bagikan