Fauzi : Sanitasi Buruk Pengaruhi Kualitas Hidup

196
Wakil Bupati Pringsewu, Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. saat menghadiri acara peringatan Hari Toilet Sedunia 2018, yang berlangsung di kampus STMIK Pringsewu, Senin (19/11).

PRINGSEWU — Sanitasi yang buruk dapat mempengaruhi kualitas hidup serta kesejahteraan individu secara umum. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong terwujudnya Universal Akses Sanitasi di Kabupaten Pringsewu.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya pada peringatan Hari Toilet Sedunia 2018, yang berlangsung di kampus STMIK Pringsewu, Senin (19/11).

“Kita dapat memberikan kontribusi dalam membantu meningkatkan standar hidup dengan mengoptimalkan kesehatan dan keselamatan, mengoptimalkan produktivitas dan moral setiap individu dengan meningkatkan kesadaran tentang tujuan Hari Toilet Sedunia ini dalam upaya menangani krisis sanitasi yang masih banyak terjadi di belahan dunia, termasuk lndonesia,” ujarnya.

Fauzi menambahkan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantu memastikan sanitasi yang berkelanjutan. Misalnya berinvestasi pada fasilitas toilet yang memadai dan berkualitas, mempromosikan kebersihan melalui pembuangan limbah yang tepat, dan memastikan bahwa sistem pembuangan limbah berfungsi baik, serta menerapkan kebersihan pribadi seperti membiasakan diri mencuci tangan.

Perlu diketahui, acara yang diinisiasi oleh Yayasan Konservasi Way Seputih dan SNV ini dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dan Asisten Bidang Pemerintahan Drs.H.Zuhairi bersama jajaran Pemkab Pringsewu, para camat, mahasiswa bersama civitas academica STMIK Pringsewu dan pemerhati masalah sanitasi.

Hari Toilet Sedunia untuk kali pertama dilaksanakan oleh organisasi toilet dunia pada tahun 2001 silam, dengan menyerukan dukungan global dan advokasi mengenai kebutuhan untuk mengatasi krisis sanitasi, terutama negara-negara berakses toilet rendah, dan memiliki standar fasilitas toilet yang tak bersih dan memadai untuk mematuhi sanitasi yang sehat.(Samuel)

Komentar