Firgi : Bedah Mulut Dibiayai Program JKN

Bandar Lampung – Firgi warga Rajabasa Kota Bandar Lampung sangat senang ketika berjumpa petugas BPJS Satu di Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung. Ia begitu semangat menceritakan pengalamannya saat menjalani operasi bedah mulut yang ditanggung program JKN. Firgi sangat senang karena dirinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengobati penyakitnya. Seluruh biaya operasi dan perawatan sudah dijamin oleh Program JKN.

“Awalnya gusi saya bengkak, minum obat sakit gigi hilang sesaat. Besoknya muncul lagi sakitnya dan terus berulang-ulang. Sebulan kemudian gusi saya bengkak lagi dan nambah sakit. Akhirnya saya berobat ke Puskesmas Rajabasa Indah. Setelah diperiksa, dokter memberikan rujukan untuk dilakukan operasi bedah mulut di Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung. 2 hari kemudian saya menjalani operasi, Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan tuntas” cerita Firgi.

Sekarang Firgi sedang menjalani rawat jalan pasca operasi. Setiap 3 hari Ia diminta dokter untuk datang ke Rumah Sakit buat di cek perkembangan setelah operasi. Firgi berharap dapat sembuh total dari penyakitnya.

Firgi yang merupakan Ibu rumah tangga ini mengaku bahwa dirinya menjadi peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sejak 4 tahun lalu. Ia mengungkapkan, dahulu sebelum menjadi peserta JKN dirinya selalu was-was jika ada anggota keluarga yang sakit dan harus berobat, takut tidak mampu bayarnya. Namun, setelah menjadi peserta JKN kini dirinya tak pernah khawatir lagi jika ada anggota keluarga yang sakit.

“Dulu sebelum punya kartu JKN, saya selalu takut jika anak sakit dan mau berobat. Karena saya tidak punya tabungan, kalau anak sakit harus berhutang. Alhamdulillah sekarang dikasih kartu JKN gratis dari Pemerintah, tidak ada khawatir lagi kalau anak-anak sakit dan mau berobat, semua dijamin Program JKN,” tutur Firgi.

Meskipun hanya peserta JKN kelas 3, namun Firgi tidak merasakan pelayanan yang Ia terima berbeda dari kelas 1 ataupun kelas 2. Menurutnya pelayanan kesehatan yang Ia terima sangat memuaskan.

“Pelayanannya baik, dokternya juga ramah dan kompeten, tidak ada kendala. Urus kelengkapan administrasi juga cukup mudah, ikuti saja semua prosedurnya, gratis tanpa bayar-bayar lagi. Alhamdulillah, sekarang saya sembuh berkat berobat pakai JKN,” ungkap Firgi. (FR/md).