Forum Kerukunan Umat Beragama Lampung Gelar Rakorda

351
Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Panglesir Agung Putra Sukahet, didampingi Ketua FKUB Lampung, Prof. Damrah Khair, Sekretaris Dewan Provinsi Lampung, Kherlani, Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, H. Musal Badri Kesuma, memukul gong pembukaan Radorda FKUB Lampung, yang digelar di Hotel Marcopolo, Rabu (18/7).

BANDARLAMPUNG, SS — Guna menjaga kerukunan umat beragama di Lampung, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung untuk tahun 2018, yang berlangsung di Hotel Marcopolo, Rabu (18/7).

Rakorda FKUB dilaksanakan selama dua hari 18-19 Juli 2019, yang secara resmi dibuka oleh Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Panglesir Agung Putra Sukahet, didampingi Ketua FKUB Lampung, Prof. Damrah Khair, Sekretaris Dewan Provinsi Lampung, Kherlani, Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, H. Musal Badri Kesuma.

Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Panglesir Agung Putra Sukahet, di acara tersebut menyampaikan, Indonesia mempunyai beragam adat budaya, suku bangsa dan agama, sehingga perlu di atur, dan dijaga dengan baik kerukunannya.

Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Panglesir Agung Putra Sukahet, didampingi Ketua Panitia Rakorda FKUB Lampung, I Ketut Pasek

Ditengah-tengah persaingan global saat ini, kerukunan menjadi pondasi pembangunan yang sebenarnya, dan merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia dari Sabang Sampai Merauke.

“Rapat Koordinasi, musyawarah, silaturahmi, pembauran atau kumpul-kumpul antar agama, antar suku bangsa menjadi suatu hal yang harus selalu digalakkan” ujarnya.

Ida menambahkan, dengan digelarnya rapat koordinasi ini diharapkan mampu mempererat dan meningkatkan kerukunan umat beragama di Lampung yang memang sudah rukun ini, serta dapat membuahkan pemikiran-pemikiran yang dapat meningkatkan kualitas kerukunan.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Lampung, Prof.Damrah Khair, mengatakan, kerukunan sudah menjadi suatu kebutuhan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, untuk menjaga kerukunan dimasyarakat dibutuhkan juga peran serta dukungan dana dari pemerintah, guna memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menjaga kerukunan antar suku budaya dan umat beragama.

Sekretaris Dewan Provinsi Lampung, Kherlani yang hadir di acara tersebut menyambut baik digelarnya Rakorda yang diadakan oleh FKUB. Menurutnya dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi antar pemuka agama, dan mampu meningkatkan kerukunan di masyarakat.

Ketua Panitia Rakorda FKUB Lampung, I Ketut Pasek, menjelaskan tujuan diadakannya Rakorda FKUB Kabupaten/Kota Se Provinsi Lampung ialah sebagai ajang silaturahmi dalam membangun kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung.

Selain itu, rapat koordinasi ini juga diadakan untuk mengevaluasi kegiatan,
merumuskan program kerja, serta mengetahui berbagai kendala FKUB di Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Kemudian meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta membangun jaringan komunikasi yang efektif dalam rangka meningkatkan kerukunan, toleransi, harmonisasi dan kedamaian interen umat beragama di Provinsi Lampung. (*)

Komentar