I Nyoman Mardawa: Fokus Terhadap Apa Yang Menjadi Tujuan

1009
Kepala SDN 01 Umpu Kencana, Kec. Blambangan Umpu, Waykanan, I Nyoman Mardawa, saat menyerahkan trophy penghargaan kepada muridnya yang berprestasi beberapa waktu lalu.

WAYKANAN –“Perubahan tidak akan hadir jika kita hanya menunggu orang lain dan menunda-nunda di lain waktu. Kitalah orangnya yang sebenarnya sedang ditunggu tersebut. Kita adalah perubahan yang kita cari”.

Itulah motto hidup dari seorang pria bernama lengkap I Nyoman Mardawa.

Prinsip itulah yang mengantarkan kepada kesuksesan karirnya saat ini, hingga bisa diamanatkan menjabat sebagai Kepala SDN 01 Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan.

Nyoman (sapaan akrabnya) dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1972 di Bali Sadar Banjit, Kabupaten Waykanan, Lampung.

Menjadi seorang pengajar merupakan cita-cita yang diimpikan sejak kecil oleh putra ketiga dari pasangan Bapak Ketut Purni dan Ibu Nengah Merta.

“Menjadi seorang guru adalah Cita-cita dari kecil saya” ujar Nyoman, saat diwawancarai suryasumatera.com, Selasa (30/10/2019).

Kesuksesannya meraih mimpi di bidang profesi pekerjaan yang diinginkan, hingga menjadi pimpinan para pengajar di satu lembaga pendidikan (kepala sekolah) bukanlah suatu perjalanan karir yang instant ia dapatkan.

Banyak sudah lika-liku, suka dukanya yang telah dilewati untuk menggapai impiannya yang ia cita-citakan sejak kecil tersebut.

Suami dari Emi Susanti ini menceritakan, bahwa kunci dari kesuksesannya ialah fokus terhadap apa yang menjadi tujuan, dan memastikan bahwa setiap program yang dilakukan mendapat dukungan dari semua pihak.

Dukungan dari wanita yang ia cintai dan ia nikahi pada 16 Oktober 2002, juga menjadi suatu kekuatannya dalam meniti karir.

Dari pernikahannya itu, ia dikaruniai 3 orang anak yang masing-masing bernama Ni Putu Gita Widiyani, I Komang Gede Widiana, dan Ayu Laksmi Ardayani.

Meski kesibukannya menjadi kepala sekolah terkadang menyita waktu untuk keluarga, namun ia tetap bisa mengaturnya dan memberikan perhatian serta kasih sayang terhadap istri dan ketiga anaknya.

“Keluarga adalah bagian yang terpenting dalam hidup ini, untuk itu  saya harus mengatur waktu dengan tanpa mengesampingkan kewajiban sebagai ASN(Aparatur Sipil Negara)” ujar alumni STKIP Dharma Wacana Metro, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( Penjaskesrek ) tersebut.

Kepada para generasi muda, Nyoman berpesan untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, dan bisa terus fokus pada cita-cita yang diinginkan.

“Pesan untuk anak muda gunakan waktu yang ada, untuk mendapat informasi terbaru, selalu fokus dalam setiap cita-cita yang di inginkan” pesan Nyoman seraya memberikan semangat kepada kaum muda.

Perlu diketahui, pendidikan Sekolah Dasar (SD) I Nyoman Mardawa ditamatkannya pada tahun 1985 dan SMP tahun 1988 di Bali Sadhar, Banjit.

Pendidikan berikutnya dijalani di SGO PGRI Kota Bumi dan tamat pada tahun 1991.

Pada tahun 2001 ia melanjutkan pendidikan ke STKIP Dharma Wacana Metro.

Selanjutnya pada tahun 2007 ia melanjutkan pendidikan S2 di UHAMKA Jakarta mengambil Program studi Magister  Administrasi Pendidikan sampai pada tahap Bimbingan tesis.

Tahun 2016 sampai dengan 2019  melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Metro pada Program Pascasarjana dengan mengambil Program studi Magister Administrasi Pendidikan, dan mendapat gelar Magister Administrasi Pendidikan ( M.Pd ).

Pada tahun 2003 ia diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah di Kabupaten Lampung Selatan, dan tahun 2009 mutasi ke Kabupaten Way Kanan.

Selanjutnya di tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 ia mendapat tugas tambahan sebagai Kepala SDN 01 Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Pada tahun 2015 ia juga pernah menjabat Ketua K3S Kecamatan Blambangan Umpu, dan pada tahun 2016 menjadi  pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Way Kanan, dan ia aktif sebagai Pelatih Pembina Pramuka di Pusdiklatcab Radin Jambat.

Pada tahun 2016 ia juga menjadi Pengurus PGRI Kabupaten Way Kanan, dan pada tahun 2017 ia ditunjuk menjadi Ketua PGRI Cabang Blambangan Umpu. 

Kemudian pada tahun 2017, Ia menjadi PLT kepala Sekolah di SDN 01 Negeri Bumi Putra, dan pada tahun 2019 dilantik kembali sebagai kepala SDN 01 Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. (Yuswantoro/ss)

Komentar