ITERA dan IPB University Sepakat Kerja Sama Penguatan Dosen Hingga Riset Bersama

# Dilihat: 114 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG SELATAN — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerjasama dengan IPB University dalam hal penguatan sumber daya manusia (SDM) dosen, hingga pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan dua naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) anatar ITERA dan IPB University, di kampus ITERA, Senin, 13 Desember 2021.

Naskah pertama adalah PKS tentang Dukungan Dosen IPB University di ITERA, yang ditandatangani langsung oleh Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dan Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop.

Sementara PKS kedua yakni kesepakatan antara LPPM ITERA dan LPPM IPB University dalam hal kerjasama penelitian dan pengabdian kepada mayarakat yang ditandatangani oleh Kepala LPPM ITERA Acep Purqon, Ph.D., dan Kepala LPPM IPB Dr. Ir. Ernan Rustiadi, MAgr.

Rektor ITERA Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan IPB selama ini dalam pelaksanaan pendidikan ITERA, terutama dalam penguatan dosen. Penguatan dosen dilakukan dengan melibatkan dosen IPB untuk turut serta menjadi dosen pengajar di ITERA sebagai dosen luar biasa.
Selain itu, Rektor juga menyambut baik kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara LPPM ITERA dan IPB. Beberapa program yang akan diperkuat diantaranya tentang pelaksanaan riset dan publikasi bersama, kuliah kerja nyata (KKN) dan pengabdian masyarakat bersama, serta pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Di era MBKM saat ini, kolaborasi antarkampus sangat diperlukan, sehingga ITERA sangat menyambut baik kerjasama dengan IPB,” ujar Rektor ITERA.

Selain itu, Rektor juga menyebut selama ini, IPB juga menjadi kampus pioner dalam pengembangan pertanian modern. Hal ini sangat selaras dengan beberapa program studi yang ada di ITERA. “Kami juga pernah ditantang oleh Rektor IPB untuk bisa menghasilkan teknologi pertanian yang modern,” ujar Prof. Mitra Djamal.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop., menyampaikan IPB juga berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama yang telah terjalin dengan ITERA.

Banyak potensi yang menurut Prof. Dodik bisa dikerjasamakan dengan ITERA. Seperti pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama di beberapa daerah di Lampung, dan Sumatera. “Kami sempat mengunjungi kawasan di sekitar Gunung Balak, ternyata ITERA juga sudah melakukan pendampingan di daerah tersebut,” ujar Prof. Dodik.

Kedepan, menurut dia, ITERA dan IPB akan melaksanakan KKN bersama di beberapa daerah di Lampung. Apalagi saat ini IPB juga sudah melaksanakan program KKN di salah satu daerah di Lampung, yaitu Kabupaten Tanggamus.
“Saya yakin, di ITERA banyak tenaga muda luar bisa, kami memandang ITERA adalah masa depan dengan SDM muda yang progresif. Melalui penguatan SDM IPB siap mendukung ITERA,” pungkas Prof. Dodik.

Selain melakukan penandatanganan dua PKS, dalam kegiatan yang turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Prof. Dr. Sukrasno, M.S., Staf Ahli Rektor ITERA Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA., Kepala Biro Perencanaan, Umum, dan Keuangan drh. Sri Sulistiawati, M.M.,dan para perwakilan jurusan turut didiskusikan rencana pelaksanaan kerja sama MBKM antara ITERA dan IPB University. *[]*

  • Bagikan