Kadis Sosial Lampung Aswarodi Apresiasi UMKM yang Berdayakan Difabel

# Dilihat: 11 pengunjung
  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si. (foto:dokumentasi ss).

BANDARLAMPUNG — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si mengapresiasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memberdayakan difabel dalam menjalankan usahanya.

Menurutnya difabel memiliki hak yang sama untuk berkreativitas, juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya, sehingga bisa memperoleh penghasilan sendiri, dan dapat membantu perekonomian keluarganya.

“Mereka punyak hak yang sama, banyak juga difabel yang punya bakat prestasi, dan keterampilan, sehingga bisa memperoleh kesuksesan. Saya sangat mengapresiasi pengusaha yang memberdayakan difabel, dan diberikan pekerjaan sesuai keterampilannya, sehingga mereka bisa mandiri, bahkan dapat membantu ekonomi keluarganya” ujar Kadis Sosial Lampung Aswarodi, saat ditemui, Jumat (5/2/2021).

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial, juga memiliki program-program untuk penyandang disabilitas, beberapa diantaranya ialah bantuan kaki tangan palsu, alat bantu dengar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekedar informasi yang terbaru ini, beberapa waktu lalu Gubernur Lampung Ir H. Arinal Djunaidi melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M. Si, secara simbolis menyerahkan bantuan sosial untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi difabel dari pemerintah Provinsi Lampung senilai Rp331.200.000,-. Lokasi penyerahan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Apik Mandiri Kota Bandarlampung, Senin (18/1/2021).
Bantuan tersebut akan disalurkan dalam bentuk barang melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Apik Mandiri Kota Bandarlampung dan LKS Nurul Baitul Amanah Kabupaten Pesawaran, untuk 92 orang penyandang disabilitas yang masing-masing akan mendapat senilai Rp3.600.000,-.

Secara simbolis bantuan diserahkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M. Si, didamping Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Lampung, Ratna Fitriani, dan Plt kasi rehabilitasi sosial disabilitas Dinsos Lampung Rohaini, yang diterima langsung oleh Ketua LKS Apik Mandiri, Dian Eka Darma Wahyuni, dan Ketua LKS Nurul Baitul Amanah Wastian Nuraini.

“Hal itu juga tertuang dalam visi misi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dalam mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya. Dalam misi ke tiga yakni “Mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel” yang dijabarkan dalam program penyediaan layanan sosial dan ekonomi bagi kaum disabilitas” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Siti Halimah, salah satu pelaku usaha Mitra Binaan Pertamina pemilik UMKM Kopi Cap Kuda Baru yang berlokasi di Jalan Demo No.024 RT 034 RW.009 Kel. Yosorejo, Kec. Metro Timur, Kota Metro Prov. Lampung.

Dalam menjalankan bisnisnya, ia memberdayakan anak-anak muda yang putus sekolah, mantan narapidana dan difabel agar lebih terampil dan memiliki penghasilan.

Siti mengatakan setidaknya ada 12 karyawan yang kini membantu usahanya, dan sebelumnya Siti juga banyak memberdayakan masyarakat sekitar dalam menjalankan bisnisnya.

“Semoga dengan adanya pekerjaan untuk mereka bisa merubah pola pikir mereka menjadi lebih baik dan sekaligus bisa mendapatkan penghasilan,” ujar Siti.

Dengan usaha yang dijalani saat ini, Siti mampu menghasilkan omset hingga Rp 200 juta per bulan.

Siti bersyukur sejak menjadi mitra binaan Pertamina, ia berharap usahanya mampu berkembang lebih pesat lagi, sehingga dapat memberdayakan orang-orang yang membutuhkan.(ih)

  • Bagikan