Kepala Bulog Lampung bersama Kemensos Cek Gudang dan Monitoring Pendistribusian Beras Bansos

269

BANDARLAMPUNG — Provinsi Lampung mendapatkan pagu penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk 464,120 Kepluarga Penerima Manfaat (KPM) dimana masing-masing KPM menerima 15Kg/bulan selama 3 alokasi untuk bulan Agustus, September, dan Oktober 2020 atau setara 6.961.800 Kg per bulan ata sebanyak 20,885,400 Kg untuk alokasi 3 bulan.

Kementerian Sosial pada Tanggal 01 s.d. 02 Oktober melakukan kunjungan kerja di Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Direktur PSDBS Bapak Hotman dan Kasubdit Pemanfaatan SDBS Bapak Enjang Jainudin untuk meninjau kesiapan, serta menginventarisir potensi kendala yang dihadapi, agar Program BSB dapat berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Tim Kemensos didampingi oleh Pimpinan Wilayah Perum BULOG Lampung (Faisal) berserta wakil pimpinan (Bowo Kristiyono) dan staf terkait, Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem informasi (Tri Wahyundo Hariyatno) beserta Kadivre BGR Lampung (Slamet) serta staf terkait meninjau Kesiapan Stok Beras di Gudang BULOG Campang Raya dan monitoring pendistribusian beras Bansos di Kelurahan kemiling Permai (125 KPM), Kelurahan Beringin Raya (62 KPM), dan Kelurahan Gotong Royong (138 KPM) di wilayah Kota Bandar Lampung.

Pimpinan Wilayah Perum BULOG Lampung Faisal, dalam kesempatan itu mengatakan, Perum BULOG Kantor Wilayah Lampung sebagai penyedia beras melayani kebutuhan Bansos tersebut melalui 1 Kantor Wilayah, 2 Kantor Cabang, 2 Kantor Cabang Pembantu serta 12 Komplek gudang Layanan untuk kebutuhan BSB 15 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung.

Untuk wilayah Provinsi Lampung PT Bandha Graha Reksa (PT BGR) ditunjuk sebagai pelaksana distribusi (transporter) untuk mendistribusikan beras dari gudang layanan Perum BULOG ke KPM atau titik kesepakatan yang ditunjuk.

Secara proaktif Perum BULOG, PT BGR, Dinsos, aparatur pemerintahan setempat serta PKH berkoordinasi untuk perencanaan dan pola distribusi yang akan dilaksanakan.

Realisasi penyaluran BSB sampai dengan tanggal 02 Oktober 2020 adalah sebanyak 10.645.830 Kg atau 50,97% dari total pagu BSB untuk 3 alokasi (Agustus, September, Oktober).

Wilayah yang telah menyalurkan diantaranya Kota Bandar Lampung 12,18%, Pesawaran 82,61%, Pringsewu 100%, Tanggamus 66,67%, Lampung Selatan 67,14%, Mesuji 100%, Tulang Bawang 100%, Tulang Bawang Barat 100%, Metro 66,67%, Lampung Tengah 70,41%, Lampung Timur 3,19%, Lampung Utara 34,62%, Pesisir Barat 52,87%, dan Way Kanan 47,77%.

BSB di beberapa Wilayah belum dapat disalurkan secara optimal diantaranya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

Kota Bandar Lampung akan dilaksanakan di bulan Oktober 2020 sesuai permintaan pemkot (langsung 3 alokasi), hal ini dengan pertimbangan karena di bulan September 2020 masih terdapat pendistribusian beras bantuan Walikota sehingga manfaat Bansos bagi KPM akan lebih efektif.

Per tanggal 01 Oktober 2020 pendistribusian beras Bansos untuk Kota Bandar Lampung sudah mulai dilaksanakan.

Untuk kabupaten Mesuji, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat saat ini dalam tahap finalisasi rencana jadwal pendistribusian antara transprorter, dinsos serta tim pendamping PKH mempertimbangkan tingkat kesulitan medan (kondisi jalan rusak/daerah rawa) sehingga perlu perencanaan yang lebih cermat agar pendistribusian Bansos dapat berjalan dengan baik.

Untuk wilayah lampung barat saat ini baru selesai dilakukan verifikasi data KPM sehingga rencana pendistribusian dapat segera dilakukan.(*)

Komentar