KM Dua Putra Jaya Tenggelam Dihantam Ombak, 2 Selamat 3 Hilang

205

KUALAPENET, LAMTIM – Basarnas Lampung terima info dari Dan Pos Polair Kuala Penet Polres Lamtim pd Kamis (23/01) pukul 19.24 WIB bahwa telah terjadi kecelakaan pelayaran KM Dua Putra Jaya yang tenggelam dihantam ombak pada Kamis dini hari.

Humas Basarnas Lampung, Deni Kurniawan menjelaskan, Pada hari Senin (20/01) pukul 17.00 WIB KM. Dua Putra Jaya berangkat dari Kuala Penet dengan awak 5 orang menuju ke perairan P. Tengah Wako untuk mencari ikan dan sudah melaut sekitar 3 hari.

Kemudian pada Kamis (23/01) sekitar pukul 01.20 WIB dini hari tiba-tiba kapal terkena ombak dan pecah pada lambung kapal sehingga terjadi kebocoran dan kapal tenggelam.

Pada hari Kamis (23/01) pukul 10.00 WIB 2 orang ABK kapal tersebut telah di temukan oleh nelayan yang ikut mencari ikan dengan keadaan selamat dan saat ini sudah di evakuasi ke Pos Polair Kuala Penet.

Menindaklanjuti Laporan itu Basarnas Lampung menggerakan personil Pos SAR Bakauheni dengan kekuatan 8 orang untuk bergerak menuju lokasi untuk melaksanankan operasi pencarian dan pertolongan.

Sampai di Kuala Penat tim langsung berkoordinasi dengan pelapor yaitu DanPos Polair Kuala Penat dan dengan 2 korban selamat untuk menyusun rencana operasi pada Jumat (24/01). Data korban selamat yaitu Kusnadi (37) dan Carsidi (21). Dan data korbanyang masih dalam pencarian yaitu Sabar (22), Deni (18), dan Caridin (22).

Operasi pada hari ini Jumat (24/01) pencarian akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Tim SAR gabungan akan melakukan penyisiran dengan radius 40 km dari lokasi diperkirakan kapal tenggelam. Tim SAR gabungan menggunakan RIB 02 Basarnas Lampung.

Waktu tempuh dr dermaga menuju lokasi kejadian memakan waktu 3 jam. Tim tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 11.00 WIB dan lgs melaksanakan penyisiran pukul 14.00 WIB penyisiran di sekitar lokasi kejadian dihentikan dikarenakan kondisi cuaca yang sudah tidak kondusif dan tim kembali ke dermaga Kuala Penet Maringgai Lamtim.

Pukul 17.20 WIB tim tiba di Kuala Penet dan memutuskan pencarian hari ini dihentikan sementara dg hasil nihil dan akan dilanjutkan esok hari Sabtu (25/01) mulai pukul 07.00 WIB.

Unsur Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi ini terdiri atas Basarnas Lampung, Pos Polair Kuala Penet Polres Lamtim,Pos Kamla Kuala Penet Lamtim dan nelayan sekitar. (*)

Komentar