Kuliah Perdana Kampus Desa Emas Dimulai di Desa Purworejo Negerikaton Pesawaran

# Dilihat: 254 pengunjung
  • Bagikan

PESAWARAN — Perkuliahan Kampus Desa Emas dimulai. Acara diadakan embung Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran hari ini. Sebagian peserta kuliah di kantor balai desa secara daring.

Kampus Desa Emas inisiasi Yayasan Gerakan Desa Emas yang dipimpin Aries Muftie. Ini adalah ikhtiar untuk mencapai kemajuan desa dengan pembentukan karakter patriot di desa dan pengembangan usaha warganya.

Pekan lalu, Aries Muftie sudah bertemu beberapa warga yang menyatakan siap menjadi mahasiswa Kampus Desa Emas. Kepala Desa Purworejo Zainal menyambut baik perkuliahan ini.

Nantinya para mahasiswa yang berasal dari desa setempat ini akan diberikan materi sebagaimana perkuliahan. Bedanya, pada semester III mereka sudah ditempatkan praktik di tempat usaha yang nantinya akan didirikan.

“Nanti mereka kita tempatkan pada teaching factory yang ada. Sehingga mereka tidak hanya piawai dalam teori tapi juga mapan dalam praktik,” ujar Aries Muftie.

Pembina Gerakan Desa Emas Wilayah Lampung Abdul Hakim yang juga anggota DPD asal provinsi ini juga merespons positif minat warga menjadi mahasiswa Kampus Desa Emas.

Pendidikan, ujar senator Lampung ini, memang menjadi tonggak penting untuk menciptakan kemandirian warga desa. Selain pendekatan pada pengembangan ekonomi, ujar mantan anggota DPR tiga periode itu, Kampus Desa Emas adalah ikhtiar membangun patriot di desa yang bakal menggerakkan kebaikan di desa itu. Termasuk nantinya mengembangkan ekonomi kreatif sesuai dengan basis potensi di desa itu.

Abdul Hakim mengucapkan selamat atas berjalannya kuliah perdana Kampus Desa Emas di Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran. (“)

  • Bagikan