Lima Bakal Calon Rektor ITERA Paparkan Visi Misi dan Program

# Dilihat: 162 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG SELATAN. Sebanyak lima bakal calon Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memaparkan visi, misi, dan program kerja jika terpilih menjadi Rektor ITERA periode tahun 2022-2026 dihadapan anggota senat dan sivitas akademika ITERA, di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA, Kamis, 14 April 2022. Kelima bakal calon Rektor ITERA tersebut yaitu, Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward, Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T., dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T.

Sebelumnya Senat ITERA menetapkan enam bakal calon Rektor ITERA yang semuanya adalah dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun satu bakal calon rektor ITERA yakni Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., mengundurkan diri.

Penyampaian visi, misi, dan program kerja bakal calon Rektor ITERA Periode Tahun 2022-2026 dilaksanakan dalam Sidang Terbuka Senat ITERA yang dipimpin oleh Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S., dan dihadiri anggota senat lengkap, termasuk Rektor ITERA Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. Sementara pemaparan visi, misi, dan program kerja dimoderatori oleh jurnalis senior, Juwendra Asdiansyah dan menghadirkan panelis perwakilan dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder alumni dan mitra ITERA.

Dalam kesempatan tersebut bakal calon rektor ITERA nomor urut pertama Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, menyampaikan paparan berjudul Kemandirian ITERA sebagai kampus cerdas bermaslahat regional bermarwah global. Prof. I Nyoman mengusung visi Kesungguhan mengupayakan kemandirian ITERA berbasis potensi lokal sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan bermartabat menjadi agen perubahan regional berkualitas dunia untuk kemaslahatan umat manusia dan alam.

Beberapa misi yang akan dijalankan yaitu menciptakan kepemimpinan kolegial yang bijaksana, menata sistim regulasi tata kelola yang strategis, melaksanakan kemandirian pendanaan yang berkah, kemandirian sumber daya manusia patriotik, menjalankan program tri dharma terintegrasi, menciptakan atmosfir akademik kampus modern, dan melengkapi sarana prasarana ITERA secara bertahap.

Sementara bakal calon Rektor ITERA nomor 2 Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., merangkum visi yang akan dilaksanakan dalam tema Beyond the expectation and creative atau melebihi harapan dan mengutamakan kreatif dalam memimpin ITERA ke depan. Acep yang juga menjabat Kepala LPPM ITERA menjabarkan misi ITERA for Sumatera yang merupakan kepanjangan dari sejahtera, unggul, melanjutkan program, adaptif, transformasi, elegan, ramah, dan amanah. Semua hal tersebut menurut Acep dilakukan untuk menjadikan ITERA kampus yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia.

Bakal calon Rektor ITEREA nomor 3 Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward, dalam kesempatan tersebut menyampaikan visi Terwujudnya ITERA sebagai pemimpin perkembangan IPTEK di Sumatera yang mandiri dan berkepribadian berdasarkan asas sinergi dan gotong royong. Untuk mencapai hal tersebut, Ian Yosef menyebut diperlukan peningkatan kerja sama ITERA dengan para pemangku kepentingan yang relevan, khususnya di bidang ilmu pengetahuan, akses sumber daya, serta pengabdian dan pelayanan, dan mengembangkan infrastruktur dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi seluruh sivitas akademika.
Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T., sebagai bakal calon Rektor ITERA nomor urut 4 menyampaikan program berjudul Pusat kompetensi teknologi dan inovasi nilai tambah sebagai basis pengembangan industri di Sumatera dan Indonesia untuk dunia. Untuk mencapai itu, Prof. Suhardi mengusung visi menjadikan ITERA perguruan tinggi kelas dunia yang unggul, bermartabat, mandiri, dan sejahtera yang mampu mentransformasi potensi wilayah Sumatera dan sekitarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera, Indonesia, dan dunia.

Sementara itu, bakal calon rektor nomor 6 Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T. memaparkan program berjudul Menggali & mendalami potensi, membingkai reputasi: menghantarkan ITERA menuju kemandirian yang berkeunggulan. Imam menyampaikan akan membawa ITERA menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan disegani dunia yang mampu memandu pada peningkatan kecerdasan dan kesejahteraaan bangsa serta kondisi dunia yang lebih baik dan berkelanjutan dengan membedayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Imam juga menyebut akan melakukan dua strategi unggulan yaitu Penggalian dan pendalaman potensi kampus ITERA dan wilayah Sumatera melalui jejaring nasional dan internasional, serta membingkai reputasi ITERA melalui peletakan dasar-dasar world class university.

Selain memaparkan visi dan misi secara bergantian, para bakal calon rektor ITERA juga menjawab pertanyaan dari tiga panelis yaitu perwakilan dosen, Harry Yuliansyah, S.T., M.Eng., perwakilan tenaga kependidikan Pujiono, S.Sos., M.M., dan perwakilan stakeholder dan alumni Gde KM Atmajaya, S.T., M.T. Berbagai pertanyaan seputar akademik dan non akademik secara bergantian dijawab oleh bakal calon rektor.

Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S., menyampaikan rapat pemaparan visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor ITERA menjadi bahan anggota senat memilih calon rektor ITERA untuk empat tahun mendatang. Dari Lima bakal calon selanjutnya Senat akan langsung memilih tiga calon rektor untuk diajukan ke Kemdikbudristek melalui sidang tertutup. “Kami sudah mendengar dan mempelajar visi, misi, dan program yang diusung para bakal calon, dan akan memilih tiga. Hasil nama tiga calon rektor ITERA selanjutnya akan dikaji dan direview oleh kementerian, termasuk oleh PPATK,” ujar Prof. Sukrasno.

Prof Sukrasno berharap seluruh bakal calon dapat bekerjasama untuk membantu ITERA meskipun nanti tidak terpilih sebagai rektor.

Sementara Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU, berharap Rektor baru ITERA nantinya diharapkan melanjutkan program pembangunanj yang sudah berjalan di ITERA selama ini dan bahkan jauh lebih baik lagi. “Sebab selama ini ITERA percepatan yang dilakukan ITERA sudah cukup baik, mudah-mudahan Rektor ITERA kedepan siap menghadapi tantangan,” tutup Rektor ITERA. *(Humas)*

  • Bagikan
/convert/bb7bf3ffa5e2f94efdb3e580a5aa283f/result.html