Mahasiswa KKN Itera Sosialisasi Penanganan Stunting di Tanggamus

114

KOTAAGUNG — Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Tanjungjati, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus mengadakan Sosialisasi penanganan stunting dan pelatihan pembuatan nugget ikan tinggi protein untuk mencegah stunting. Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Stunting didefinisikan sebagai masalah gagal tumbuh yang umumnya dialami anak-anak usia 0 sampai 1.000 hari kehidupan.

Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan di Balai Pekon Rakyat Tanjungjati, Sabtu (11/1/2020). Program ini mengundang dua narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, yaitu Ahli Teknologi Pangan, Zukryandry, S.T., M.Si. dan Ahli Gizi, Ulie Sirona, AMd. Gz dari Dinas Kesehatan Puskesmas Pasar Simpang, Tanggamus. Sosialisasi dan pelatihan penanganan stunting diikuti oleh ibu hamil, wanita usia produktif dan ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita.

Ketua pelaksana kegiatan, M Tohir Kasli menjelaskan kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya mengatasi permasalahan stunting di Pekon Tanjungjati, Tanggamus. Cara efektif untuk menangani stunting salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan olahan tinggi protein seperti nugget berbagan ikan. Bahan baku ikan dipilih selain karena mengandung protein yang tinggi, Tanggamus juga merupakan daerah yang memiliki perairan yang kaya akan potensi ikan.

M.Tohir menyebut salah satu penyebab stunting pada umumnya adalah kurangnya asupan protein pada warga. Pelatihan pembuatan nugget ikan diharapkan bisa menjadi solusi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein untuk anak-anak agar terhindar dari stunting.

Sebanyak 1.257 mahasiswa Itera dari berbagai program studi sedang menjalani KKN di 82 desa yang tersebar di 5 Kabupaten  yaitu di Lampung Selatan (12 Desa),Pesawaran (19 Desa), Pesisir Barat (25 Desa), Tanggamus (14 Desa), dan Pringsewu (12 Desa). Masing-masing kabupaten memiliki fokus pemberdayaan yang berbeda seperti di Pesisir Barat pemberdayaan wilayah, SDM dan UMKM, Pesawaran pemberdayaan wilayah  tentang mitigasi bencana dan SDM, Lampung Selatan tentang mitigasi bencana, dan Konservasi lingkungan pasca bencana tsunami, Tanggamus pemberdayaan wilayah, mitigasi bencana, dan penanganan stunting/gizi buruk, serta di Pringsewu pemberdayaan wilayah, dan Infrastruktur dan penanganan sampah perkotaan. kabupaten di Provinsi Lampung.

Ketua Tim Pengelola KKN ITERA,Anggi Mardiyanto, S.P., M.Si., menjelaskan KKN kali ini merupakan pelaksanaan KKN periode ke 4 yang dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akdemik 2019-2020 dengan jumlah peserta terbanyak selama periode KKN yang sudah pernah diselenggarakan. Tema KKN pada periode ke-4 ini yaitu ITERA bersama masyarakat mewujudkan desa berkelanjutan. KKN akan dilaksanakan selama 35 hari mulai tanggal 23 Desember-25 Januari 2020 dengan bobot 2 SKS. (*)

Komentar