Peringati HUT ke-17 Tagana Lampung Laksanakan Apel Bersama, Baksos, dan Tanam Mangrove

# Dilihat: 23 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNGSELATAN — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si, menjadi inspektur upacara pada Peringatan HUT Tagana ke-17 yang dilaksanakan di Pantai Muara Indah Desa Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (13/3/2021).

Dihadapan para peserta apel yang di ikuti oleh anggota Tagana di Provinsi Lampung, beserta stake holder diantaranya perwakilan anggot Pramuka, Pordam, dan Kampung Siaga Bencana (KSB), Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si, menyampaikan, tingginya kerawanan dan ancaman bencana disikapi dan diantisipasi Pemerintah dengan menetapkan program penanggulangan bencana dengan melaksanakan berbagai upaya mitigasi bencana, untuk memiliki sikap kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi dini gejala – gejala atau tanda -tanda akan munculnya bencana.

Dalam perkembangannya kehadiran dan partisipasi Tagana telah memberikan kontribusi besar dan penting dalam penanggulangan bencana di Provinsi Lampung, baik dalam kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan di masa pra bencana( kondisi normal ), penanganan dan perlindungan bagi korban di masa tanggap darurat, sampai dengan pendampingan bagi korban bencana pada tahap pasca bencana dan pemulihan.

Sementara itu, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Lampung, Maria Tamtina pada kesempatan yang sama juga menyampaikan, Peringatan HUT ke – 17 TAGANA dengan tema Sinergi Bersama Multi Pihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam.

Kegiatan peringatan HUT ke – 17 TAGANA ini dilaksanakan bakti sosial bersama masyarakat dan penanaman mangrove sejumlah 1.000 bibit di pesisir pantai Desa Suak Kecamatan Sido Mulyo Kabupaten Lampung Selatan.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah :

1. Meningkatkan peran Tagana Provinsi Lampung sebagai relawan penanggulangan bencana, bersama masyarakat dalam upaya pengelolaan bencana dan menjaga ekosistem.

2. Menumbuhkan jejaring dan kerjasama antar relawan social penanggulangan Provinsi Lampung.

3. Mengapresiasi kebajikan bencana bencana yang sudah dilaksanakan oleh semua relawan sosial penanggulangan di Provinsi Lampung.(*)

  • Bagikan