Rektor Ajak Pascasarjana Motivasi Mahasiswa Unila Lanjut Studi S-2 dan S-3

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M, meminta jajaran pimpinan pascasarjana Unila untuk lebih giat mempromosikan prodi-prodinya serta mendorong mahasiswa Unila untuk melanjutkan S-2 dan S-3 di Pascasarjana Unila.

Hal ini ia sampaikan dalam kunjungan akademik bersama jajaran pimpinan universitas ke Pascasarjana Unila, Jumat 28 April 2023, dalam rangka silaturahmi dan konsolidasi.

Prof. Lusi optimistis pascasarjana di bawah jajaran kepemimpinan yang baru dapat meningkatkan jumlah mahasiswa. Ia yakin karena pendidikan S-2 dan S-3 kini menjadi sebuah kebutuhan bagi tenaga pengajar, akademisi, dan bahkan pegawai.

Dalam kunjungan tersebut Prof. Lusi juga menginformasikan Wali Kota Bandarlampung akan memberikan beasiswa S-2 dan S-3 terutama bagi lurah dan camat di Kota Bandarlampung. Ia berharap, pascasarjana dapat berkontribusi mencari calon penerima beasiswa tersebut.

Di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., sebagai direktur dan jajaran pimpinan yang dipimpin Prof. Lusmeilia, pascasarjana diharapkan dapat lebih mengutamakan akreditasi prodi karena akreditasi merupakan hal penting bagi sebuah perguruan tinggi.

Selain itu, Rektor memastikan para wakil rektor siap untuk diundang dan diajak berdiskusi dengan jajaran pimpinan yang berada di masing-masing unit untuk menghilangkan batasan antara pimpinan rektorat dan unit kerja. Menurutnya, semua pihak mempunyai andil yang sama dalam keberhasilan Unila.

Prof. Murhadi juga melaporkan situasi dan kondisi terbaru pascasarjana Unila mulai dari jumlah dosen, jumlah tenaga kependidikan, prodi, sarana prasarana, fasilitas yang perlu dioptimalkan, serta tantangan yang dihadapi.

Terkait promosi dan pendaftaran mahasiswa baru, ia melaporkan, pendaftaran gelombang pertama S-2 di 35 prodi se-Unila yang berdaya tampung 895, saat ini baru terserap 216 orang atau sekitar 24%.

Sementara program S-3 baru terserap 38 dari daya tampung sebanyak 109 orang atau sekitar 34%. Dilaporkan pula peminat tertinggi S-2 dan S-3 saat ini berasal dari fakultas hukum.

Prof. Murhadi berharap, agar pascasarjana dapat mengoptimalkan jumlah pendaftar di gelombang kedua dengan melakukan promosi yang lebih efektif.

Dalam situasi yang penuh tantangan ini, ia yakin Unila dapat meraih prestasi dan mencapai peringkat yang lebih baik dengan kerja keras dari dosen dan tenaga kependidikan.