Sekretariat DPRD Kota Metro Ajukan Nama Pimpinan Definitif Periode 2019-2024

159

KOTAMETRO – Terkait pimpinan DPRD Kota Metro untuk masa periode 2019-2024, Sekretariat DPRD Kota Metro baru mengajukan dua nama dari tiga pimpinan definitif DPRD Kota Metro ke Gubernur Lampung. Hal itu diungkapkan, Sekwan DPRD Kota Metro Budiono, (13/10).

Ia mengatakan, pihaknya telah mengajukan rekomendasi dari dua partai politik (parpol).

Adapun kedua nama tersebut berasal dari PDIP dan PKS yang menduduki Wakil Ketua DPRD setempat. Sementara untuk Golkar belum menerima surat.

“Kalau yang dua itu sudah. Itu Anna Morinda dari PDI P dan Ahmad Huseini PKS. Nah, untuk Golkar itu belum kita terima sampai saat ini. Makanya baru dua itu yang kita teruskan ke Provinsi,” bebernya, Minggu (13/10/2019).

Budi menjelaskan, berdasarkan surat Kemendagri terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD kabupaten/kota sah dilakukan hanya dengan satu unsur pimpinan.

Dalam Pasal 35 huruf a ditegaskan jika pimpinan DPRD satu kesatuan dan bersifat kolektif kolegial.

Sementara huruf b memaparkan, rapat paripurna dipimpin oleh satu atau lebih sebagai tindakan atau keputusan semua unsur pimpinan dewan.

Pasal 35 itu jelas menyebutkan dan memaparkan makna dari kolektif kolegial.

“Artinya tidak harus menunggu semua unsur pimpinan (definitif) ada, yang ada dulu saja itu bisa. Kita kan ada tiga, artinya kalau baru satu yang definitif pun bisa,” jelasnya.(*)

Komentar