Siswi SMP Al Kautsar Raih Juara di Olimpiade Literasi Nasional

592
Nabilla Aulia, Siswi SMP Al Kautsar Bandarlampung, Peraih juara II Olimpiade Literasi Nasional 2017.

BANDARLAMPUNG,SS– Nabila Aulia, adalah salah satu siswi dari SMP Al Kautsar. Remaja putri ini berhasil meraih juara II Olimpiade Literasi Nasional 2017 yang digelar oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, Rabu (21/2)

Kepala Sekolah SMP Al Kautsar, Sri Purwaningsih mengapresiasi prestasi siswanya karena sudah menunjukkan kemampuan literasi atau menulis hingga ke tingkat nasional. 

“Ini menjadi bukti bahwa budaya literasi di SMP Al Kautsar bagus. Kami mendukung kegiatan literasi siswa melalui koleksi buku-buku perpustakaan, memiliki jadwal kunjungan rutin bagi siswa,” ujar Sri Purwaningsih.



Bahkan, pihak pustakawan juga memberikan penghargaan kepada siswa terajin mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan. Ini untuk mendorong siswa untuk mencintai dunia membaca karena membaca adalah jendela informasi dunia.

Sementara itu, Nabila Aulia memaparkan, dia mengikuti Olimpiade Literasi Nasional ini saat melihat pengumuman tentang lomba tersebut di media sosial. Olimpiade Literasi Nasional 2017 dengan tema Literasi Untuk Indonesia ini memiliki beberapa kategori lomba yaitu (1) Budaya Literasi di Sekolah, yaitu lomba menulis tentang budaya literasi yang diterapkan di sekolah.

(2) Literasi Siswa, yaitu lomba menulis tentang harapan untuk sekolah di masa mendatang. Literasi siswa ini juga dibagi menjadi jenjang SD/MI, SMP/Mts dan SMA/MA. (3) Literasi Guru, yaitu lomba menulis tentang budaya literasi di dalam kelas. (4) Penggiat Literasi Masyarakat , yaitu lomba membuat tulisan inspiratif tentang aktivitas mengembangkan literasi dalam masyarakat.

“Saya ikut yang untuk jenjang SMP, saya menulis tentang harapan terhadap perpusatkaan SMP Al Kautsar agar memiliki banyak koleksi buku-buku tentang pengenalan profesi, karena sejak kecil kita harus punya cita-cita.  Nah, dengan adanya buku pengenalan profesi ini akan membantu kita mengenali cita-cita kita lebih dalam sehingga semakin yakin dengan cita-cita yang ingin kita raih, ” tutupnya.

Perlu diketahui, Juara I dalam ajang olimpiade tersebut diraih oleh Sarah Annisa (SMPN 54 Palembang), dan Juara III diraih oleh Nisaul Fadlilah (MTs Kota Bogor).
(rls)

Komentar