Tim UPSK Menyisir Penyandang Disabilitas Lampung Selatan

119

LAMPUNGSELATAN — Putaran kedua Tim Unit Pelaksana Sosial Keliling menyisir Penyandang Disabilitas (PD) di Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan di Posko utama Desa Jati Baru Kecaman Tanjung Bintang, 2-5 Juli 2019.

Dalam sambutannya Kepala Dinsos Provinsi Lampung, Sumarju Saeni yang dibacakan oleh Kepala Seksi Rehabsos PD, Sutikno menyqmpaikan, bahwa data penyandang disabilitas Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 2.302 orang sedangkan yang telah masuk dalam Simtem Informasi Penyandang Disabilitas (SIM-PD) baru 312 orang (13.55 %).

Kegiatan UPSK yang merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial diluar panti khususnya deteksi dini, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi, serta rujukan.

Diakhir kegiatan juga dilaksanakan sarasehan sosial. Dalam forum ini akan dibahas tentang permasalahan dan kebutuhan PD juga menggali potensi sumber kesejahteraan sosial dilingkungannya.

Hasil penjangkauan UPSK sekaligus sebagai data PD yang terintegrasi sistem infomasi penyandang disabilitas ke basis data terpadu, dengan demikian data PD dapat valid dan reliabel.

Secara simbolis Gubernur Lampung Arinal Junaidi melalui Tim UPSK memberikan alat bantu kepada PD berupa kursi roda 1 buah, kruk 1 stel, alat bantu dengar 1 buah dan tongkat penuntun untuk disabilitas netra.

Nampak hadir dalam acara pembukaan UPSK yakni Camat, Danramil, Kapolsek, KUA, Puskesmas wilayah Kecamatan Tanjung Bintang. (*)

Komentar