Tingkatkan Kualitas SDM, Disnakertrans Lampung Gelar Pelatihan K3 dan Promosi

160
Kepala Disnakertrans Provinsi Lampung, Ir. Lukmansyah, M.M., saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan peningkatan SDM Praktisi K3 dan Promosi, yang berlangsung di Hotel Kurnia Bandarlampung selama lima hari, 24-28 Juni 2019.

BANDARLAMPUNG — Guna meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Lampung, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Lampung melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai K3, menyelenggarakan pelatihan peningkatan SDM Praktisi K3 dan Promosi, yang pesertanya merupakan dokter-dokter yang baru saja lulus. Kegiatan diadakan di Hotel Kurnia Bandarlampung selama lima hari, 24-28 Juni 2019.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Lampung, Ir. Lukmansyah, M.M.

Dalam sambutannya, Lukmansyah mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menjawab keinginan Gubenur Lampung Arinal Djunaidi, guna mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

”Kegiatan ini, dilakukan untuk menjawab janji Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yakni untuk meningkatkan kualitas SDM dalam segala sektor khususnya bagi calon pekerja di Provinsi Lampung” ujar Mantan Karo Perekonomian Provinsi Lampung dengan semangat.

Lukmansyah juga mengatakan, diharapkan para peserta dapat mendalami materi tentang Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) yang berkenaan dengan keselamatan kerja khususnya dilingkungan perusahaan industri yang merupakan salah satu bagian penting dalam suatu industri.

Kegiatan digelar selama 5 hari, dengan mengundang pemateri dari Kementerian Tenaga Kerja, Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, IDI, Dinkes, dan Disnakertrans Provinsi Lampung.

Bagi yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat dari Kemenaker RI.

Pemprov Lampung mengapresiasi Fakultas kedokteran Unila, yang telah bersedia bekerja sama dengan Disnakertrans Lampung dalam kegiatan ini.

Harapannya ialah dengan adanya pemberian materi ini agar lulusan Fakultas Kedokteran Unila, menguasai wawasan tentang K3, kelak siap bekerja pada perusahaan, rumah sakit, maupun industri lainnya.

Lebih lagi pada era globalisasi ini, persoalan ekspor dan import produk, maka masalah K3 yang standar menjadi bagian penting yang menentukan kelancarannya, sehingga sangat penting dan kedepan menjadi mutlak perlu diperhatikan perusahaan.

Pembinaan tentang K3 di Lampung sendiri mempunyai prestasi yang cukup baik, dengan ditandai Pemprov Lampung mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan RI selama 9 kali berturut-turut.

Prestasi tersebut merupakan hasil dari kerja sama Pemprov dan stakeholder. Untuk pengawasan K3 perusahaan di Lampung, Disnakertrans melalui tim atau petugas pengawas yang ada di Disnakertrans terutama terhadap kelayaka peralatan perusahaan yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

Begitu juga Balai K3 melakukan uji laboratorium secara berkala terhadap alat dan bahan yg dapat menimbulkan penyakit akibat kerja. (ih)

Komentar