TTIC Dinas Ketahanan Pangan Sediakan Daging Murah Di Penetrasi Pasar

379
TTIC Dinas Ketahanan Pangan PROV. lampung, yang tergabung dalam TPID dan Satgas Pangan Provinsi Lampung, menyediakan daging beku seharga Rp80 ribu perkilogram, di kegiatan Penetrasi Pasar, yang digelar dibeberapa pasar Tradisional Bandar Lampung dan Kota Metro, pada 28-29 Juli 2018.

BANDARLAMPUNG, SS — Toko Tani Indonesia Center (TTIC), tempat penyedia bahan pangan murah, yang merupakan program Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dalam upaya menjaga kestabilan harga pangan,
turut serta menyediakan daging beku dengan harga terjangkau, dalam kegiatan penetrasi pasar, pada 28-29 Juli 2018.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, yang tergabung dalam satgas pangan dan TPID Provinsi Lampung bersama instansi terkait melakukan penetrasi pasar dengan menyediakan berbagai kebutuhan pangan masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau.

” Kami menjual daging, telur ayam, dan bahan pokok lainnya dengan harga lebih murah, dengan tujuan untuk mengendalikan harga kebutuhan pangan tersebut yang saat ini harganya dirasa masih tinggi” ujar Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Dra. Bahagiati, saat ditemui di Pasar Panjang, Bandarlampung, tempat berlangsungnya Penetrasi Pasar, Sabtu (28/7).

Dia menjelaskan, untuk pasokan daging di Penetrasi Pasar ini, Dinas Ketahanan Pangan, bekerjasama dengan pihak swasta PT Indoguna yang menjual daging seharga Rp 80 ribu perkilogram. Harga tersebut disubsidi oleh Indoguna Rp10 ribu.

“Aturan harga yang kami jual Rp 90 ribu, tapi kami jual Rp 80 ribu per kg untuk penetrasi harga,” jelasnya.

Bahagiati menambahkan, penetrasi pasar dilakukan untuk menjaga stabilitas harga komoditas pangan, dan membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga murah, dan untuk menjaga kenaikan inflasi daerah.

“Penetrasi pasar dilakukan tim TPID termasuk Satgas Pangan. Langkah itu untuk melindungi konsumen dari gejolak harga di luar kewajaran,” pungkasnya.

Perlu diketahu, kegiatan penetrasi pasar ini berlangsung dua hari, 28-29 Juli 2018. Untuk daftar harga pada penetrasi pasar kali ini, telur ayam ras dijual seharga Rp 20.500/kg, daging potong ayam Rp 32 ribu/kg, daging sapi beku Rp 80 ribu/kg. Sedangkan untuk beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir harganya menyesuaikan dibawah harga HET.

Penetrasi pasar dilaksanakan pada lima lokasi di Kota Bandarlampung dan Kota Metro diantaranya Pasar Panjang, Pasar Tugu, Pasar Tamin, Juga Pasar Kopindo dan Pasar Margorejo.

Volume perhari dan harga yang diberlakukan di masing-masing lokasi penetrasi yakni 500 kg sampai 1 ton telur ayam ras dengan harga Rp20.500 per kilogram, 200 ekor daging ayam potong dengan harga Rp32.000 per kilogram, 100 kg daging ayam beku dengan harga Rp80.000 per kilogram.

Selain komoditas ayam dan telur, satgas TPID Provinsi Lampung juga menyediakan komoditas lain seperti beras, minyak, tepung terigu dan gula pasir untuk dipasarkan, adapun volume stok yang disediakan menyesuaikan dengan permintaan pasar, dan dijual dengan harga dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Komentar