Unila Gelar Pengambilan Sumpah 110 PNS Baru

Universitas Lampung (Unila) menggelar upacara pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan kampus, Rabu, 31 Mei 2023. Upacara pengambilan sumpah 110 PNS baru ini berlangsung di Gedung Serbaguna Unila.

Mereka meliputi satu orang dari BAK, dua orang dari BUK, dua orang dari BPHM, satu orang dari UPT, delapan orang dari FEB, lima orang dari FH, 31 orang dari FKIP, 15 orang dari FP, 12 orang dari FT, sepuluh orang dari FISIP, empat orang dari FMIPA, dan 19 orang dari FK.

Upacara pengambilan sumpah PNS baru ini merupakan bentuk pendelegasian wewenang dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 956/P/2020.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Rudy, S.H., LL.M., LL.D., yang mewakili rektor dalam sambutannya mengucapkan selamat sekaligus mengingatkan para PNS baru tentang tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Momentum pengambilan sumpah dan janji PNS adalah sebuah awal yang ditunggu-tunggu setelah melalui berbagai proses panjang. Momen ini juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan, kepegawaian, maupun karier para peserta.

“Selain mampu mewujudkan dan mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik, PNS di Unila harus melaksanakan amanat peraturan pemerintah mengenai kedisiplinan PNS, aparatur sipil negara, tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan,” kata Rudy.

Ia juga berharap, PNS baru Unila dapat bekerja sesuai dengan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang merupakan tonggak penguatan budaya.

Turut hadir dalam upacara tersebut wakil rektor bidang akademik, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, dekan-dekan fakultas beserta jajaran, para kepala biro, para wakil dekan, para koordinator bagian dan subkoordinator bagian, serta rohaniwan.*