Abdul Hakim Respon Positif Kunjungan Menteri Desa ke Lampung, Beri Masukan Agar Berinovasi

# Dilihat: 210 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Anggota Komite IV DPD RI asal daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim merespons kedatangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar ke Lampung beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan kala itu, Menteri Desa meninjau beberapa peternakan di Lampung Selatan yang dinilai bisa menjadi contoh pengembangan peternakan rakyat, baik sapi maupun ayam.

Menteri juga memberikan masukan untuk pendamping desa agar berinovasi untuk peningkatan ekonomi desa.

Abdul Hakim merespons kedatangan Menteri Desa. Menurut Hakim, banyak potensi di desa yang sebetulnya bisa dikembangkan. Salah satunya perihal peternakan sapi, ayam, dan agrowisata.

Namun, selama ini banyak usaha itu yang belum naik kelas disebabkan banyak hal. Di antaranya perhatian pemerintah yang dinilai masih kurang, kemampuan pengelola usaha untuk memasarkan produk, sampai dengan kualitas produknya.

Abdul Hakim mendorong Kementerian Desa untuk mewujudkan koperasi terhadap usaha yang dikembangkan masyarakat. Dengan berbadan hukum, peluang usaha untuk maju cukup besar.

Dengan berkoperasi, peluang meningkatkan perekonomian desa bisa lebih tinggi.
Abdul Hakim berkata ia sudah banyak mendorong usaha di desa agar mau membentuk koperasi. Koperasi wujud kebersamaan usaha masyarakat.

Dengan adanya koperasi, semua kekuatan anggota akan disinergikan sehingga makin maksimal dalam berusaha. Dengan adanya koperasi juga membuat tiap anggota saling mendukung. Kans untuk menjadi besar dan naik kelas pun semakin tinggi.

Hakim ingin Kementerian Desa memiliki peran yang lebih masif dalam membantu UMKM di desa. Dengan sebaran desa yang luas di Lampung, Hakim ingin Kementerian memberikan perhatian yang ekstra di provinsi ini.

Hakim menilai, badan usaha milik desa atau Bumdes bisa dikembangkan ke arah potensi paling potensial di wilayah itu. Dari sana kemudian bisa dibentuk koperasi. Sehingga, eksistensi usaha bisa terjaga. Serta kans untuk berkembang semakin besar. []

  • Bagikan