Anggota Komite IV DPD RI Abdul Hakim Minta Lembaga Zakat Maksimalkan Pendapatan Infak di Bulan Ramadan

# Dilihat: 15 pengunjung
  • Bagikan

Bandar Lampung – Anggota Komite IV DPD RI daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim meminta lembaga zakat memaksimalkan pendapatan infak dan sedekah pada Ramadan ini untuk membentuk lini usaha mikro kecil dan menengah yang menjadi binaan lembaga.

Dengan dana infak dan sedekah yang cukup besar selama Ramadan ini, Abdul Hakim yakin banyak masyarakat kecil yang bisa dibantu dalam konteks berusaha.

Ia mengatakan, tinggal manajemen lembaga zakat untuk mengelola dan membantu tumbuh kembang usaha mikro kecil dan menengah yang didistribusikan dari dana tersebut.

Abdul Hakim menyatakan, umumnya selama Ramadan, kedermawanan sosial masyarakat muslim meningkat.

Alokasi infak dan sedekah mereka bisa berlipat ketimbang bulan-bulan lain. Jika ini bisa dioptimalisasi oleh lembaga zakat, peluang membentuk usaha mikro kecil dan menengah yang baru bisa terbentuk dan eksis.

Abdul Hakim mengatakan, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia punya kans mendirikan sokoguru ekonomi berbasis filantropi pada konteks infak dan sedekah.

Pengelolaan lembaga yang profesional, manajemen usaha yang andal, serta dukungan penuh terhadap tumbuhnya pengusaha baru, bisa menjadi pemantik kemajuan ekonomi umat.

Ramadan, kata dia, menjadi tolok ukur apakah pemanfaatan dana infak dan sedekah ini mampu dioptimalkan untuk menyejahterakan duafa dari mustahik ke muzaki. []

  • Bagikan