Anggota Komite IV DPD RI Dapil Lampung Abdul Hakim: Zakat Solusi Warga Miskin Bangun Usaha

# Dilihat: 62 pengunjung
  • Bagikan

BandarLampung – Anggota Komite IV DPD RI daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim berharap momentum Hari Zakat Nasional pada hari ke-27 Ramadan setiap tahun mempunyai dampak terhadap pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah.

Dengan adanya Hari Zakat Nasional, ia berharap jumlah dana zakat yang dikelola semakin besar.

Kemudian, pemanfaatan dana zakat untuk mustahik bisa semakin optimal. Mereka yang selama ini menjadi asnaf yakni fakir dan miskin, kata Abdul Hakim, diharapkan bisa berubah menjadi muzaki pada tahun berikutnya.

Oleh sebab itu, dana zakat yang dikelola lembaga zakat mesti bisa memandu mustahik agar bisa keluar dari lubang kemiskinan.

Karena itu, selain zakat, dana infak dan sedekah muzaki bisa didistribusikan untuk usaha produktif yang dimulai oleh mereka yang fakir dan miskin.

Dengan memberikan bantuan itu, diharapkan pada tahun mendatang, mereka yang kini menerima zakat menjadi pemberi zakat.

Tanpa ada revolusi pemikiran demikian, selamanya tidak akan berubah dan selalu berputar pada persoalan yang sama.

Senator Lampung itu menginginkan, usaha mikro kecil dan menengah bisa menjadi solusi bagi warga miskin untuk memulai usaha. Dan dana sedekah dan infak para donatur bisa digunakan lembaga pengelola untuk membantu usaha para mustahik tadi.

Mantan anggota DPR RI tiga periode ini berharap, momentum Hari Zakat Nasional hari ini memicu semangat berzakat muslim di Indonesia.

Harapannya, akumulasi dana zakat semakin besar, khususnya dari zakat profesi dan zakat mal dari para muzaki. []

  • Bagikan