Bupati Adipati Serahkan Bantuan 60 Laptop Untuk Tenaga PKH

161

WAYKANAN — Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, menyerahkan bantuan secara simbolis berupa 60 unit laptop kepada tenaga program keluarga harapan diruang kerjanya.Selasa (30/10).

60 unit diberikan secara bertahap kepada tenaga Program Keluarga Harapan di 14 Kecamatan Se Kabupaten Way Kanan oleh Bupati didampingi juga oleh Kadis Sosial Pardi,SH,MM.

Program Keluarga Harapan di Kabupaten Way Kanan terbukti cukup berhasil dan telah berkontribusi besar dalam penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan yang dimulai sejak Tahun 2017 dengan sasaran PKH adalah Keluarga Sangat Miskin (KSM) yangn terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat

Sebelumnya, PKH berupa bantuan tunai yang disalurkan melalui Kantor Pos, sejak Tahun 2017 penyaluran telah mempergunakan Sistem Perbankkan dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan jumlah besaran dana yang tidak sama untuk setiap KPM berupa bantuan non tunai yang disesuaikan dengan jumlah komponen masing-masing keluarga yang pencairannya dilaksanakan melalui 4 tahap per Tahun.

Di Kabupaten Way Kanan, Program Keluarga Harapan telah diimplementasikan sejak tahun 2014 sampai dengan saat ini telah mencakup 14 Kecamatan 227 Kampung dan Kelurahan dengnan total Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 24.311 KPM dan total batuan yang telah disalurkan samai dengan tahun 2019 lebih kurang Rp 180 Milyar yang sesuai dengan laporan Kepala Dinas Sosial Way Kanan bahwa saat ini telah dilakukan validasi terhadap 6.922 calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Demikian akan ada penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan untuk tahun 2019. Dan Pada tahun 2019 ini juga telah dilaksanakan verifikasi dan validasi data kemiskinan di Kabupaten Way Kanan yang melibatkan aparat kampung sebagai petugas verifikasi dan validasi, sedangkan SDM PKH sebagai petugas peng-input data karena memandang aparat kampung lebih tahu, lebih memahami wilayahnya masing-masing, dengan demikian diharapkan akan menghasilkan data yang lebih baik, lebih valid sebagai sumber data dalam pelaksanaan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Way Kanan.

Bupati Raden Adipati Surya dalam sambutannya juga disampaikan bahwa kondisi tersebut harus terus dimantapkan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang meskipun hal tersebut bukanlah pekerjaan yang ringan disampingi kendala daan tantangan program ke depan yang semakin berat dan kompleks.

Kegiatan seperti ini, saya anggap sebagai forum yang memiliki nilai penting dan strategis, selain dalam upaya meningkatkan komitmen kita semua, juga dalam rangka sosialisasi dan menumbuhkan kembali inspirasi, motivasi serta pencitraan program di kalangan masyarakat luas.

“Saya berharap forum Rapat Koordinasi ini mampu mempersatukan visi, misi dan komitmen seluruh perangkat daerah yang berkompeten untuk bersama-sama mensukseskan program keluarga harapan dan program pengentasan kemiskinan lainnya di Kabupaten Way Kanan”, ujar Bupati.

Sementara itu, Pebri (Koordinator PKH Way Kanan ) saat di wawancara media ini menuturkan, alhamdulillah saya selaku korkab pkh, sangat Mengapresiasi dan Terimakasih kita sampaikan kepada Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya, SH, MM dan Kadis Sosial Pardi, SH MM, yang telah memberikan Fasilitas Invertaris 60 Note book Untuk seluruh SDM PKH Way Kanan, Meski Belum semua, Karna Pendamping Keseluruhan 108 terdiri dari 101 Pendamping, 5 APD dan 2 Korkab, Insyallah Tahun berikutnya Besar Harapan Kami semua Seluruh SDM PKH mendapatkan Fasilitas yg Sama,, Kita Semua Doakan Mudah2n Beliau Selalu di Beri Kesehatan dan Amanah dalam Memimpin Way Kanan”Aamiin. Ujarnya (ryuz).

Komentar