Disnaker Pastikan Pekerja Mendapatkan Haknya Sebagai Peserta JKN-KIS

# Dilihat: 280 pengunjung
  • Bagikan

Bandar Lampung – Dalam rangka pembahasan rencana strategis sebagai bentuk dukungan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung bersama Tim Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) Provinsi Lampung dalam implementasi Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung melakukan koordinasi langsung dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung dan Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan, Selasa (11/05).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Agus Wibowo, mengatakan saat ini sedang berjalan proses pemeriksaan lapangan bersama antara Wasnaker Provinsi dengan petugas pemeriksa BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung terhadap 48 Badan Usaha belum patuh yang sudah disampaikan Tim BPJS Kesehatan kepada Wasnaker Provinsi Lampung. Beberapa dukungan yang dapat dilakukan oleh Disnaker Provinsi atas pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan Badan usaha dapat dilakukan melalui pendampingan pemeriksaan/pemeriksaan bersama atau Join Inspection.

“Selain itu, pelaporan ketidakpatuhan pemberi kerja atas hasil pemeriksaan kepatuhan yang telah dilaksanakan oleh petugas Wasnaker melalui wajib lapor badan ssaha, sinergi sosialisasi terpadu bersama dalam hal memberikan pemahaman atas hak dan kewajiban pemberi kerja maupun pekerja segmen badan usaha sesuai ketentuan perundang-undangan, serta dukungan penyampaian data jumlah badan usaha terdaftar di Disnaker terupdate,” tambah Agus.

Agus berharap dengan adanya koordinasi dan kolaborasi yang dibangun bersama Disnaker Provinsi Lampung nantinya akan menghasilkan dampak positif dalam penyelenggaran Program JKN-KIS.

“Kami harapkan fungsi pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan bersama Disnaker akan membuat Badan Usaha/Perusahaan patuh dalam mendaftarkan pekerjanya, pelaporan data dan pembayaran iuran,” kata Agus.

Selain itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan pada prinsipnya untuk saat ini dan seterusnya Disnaker Provinsi Lampung bersama Tim Wasnaker siap bersinergi dalam mendukung terlaksananya Program JKN-KIS baik dalam penegakan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan maupun dalam sinergi sosialisasi terpadu dalam memberikan pemahaman kepada peserta dan pemberi kerja.

“Pemeriksaan bersama yang dilakukan oleh Tim Wasnaker akan kami laksanakan dengan optimal dan efektif, sehingga akan memberikan dampak positif ke dua pihak yaitu dari sisi pekerja akan terjamin kesehatannya dengan menjadi peserta JKN-KIS, disisi lain juga capaian kesepertaan program JKN-KIS akan bertambah sehingga Universal Health Coverage dapat segera terwujud,” tutup Agus Nompitu.(*)

  • Bagikan