DPRD Kota Metro Dukung UKW PWI Digelar di Kota Metro

219

KOTAMETRO — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, mwnyatakan sangat mendukung digelarnya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung di Kota Pendidikan tersebut yang diselenggarakan pada 13 dan 14 Desember 2019 ini.

“Tentu kami sangat mendukung pelaksanaan itu. Kami berharap UKW yang digelar PWI Provinsi Lampung di Kota Metro ini dapat menghasilkan insan pers baru yang lebih profesional dan bermartabat serta bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Ketua DPRD Metro, Tondi MG Nasution, saat dikonfirmasi awak media, Senin (2/12).

Tondi menjelaskan, langkah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) insan pers dapat terwujud dengan terselenggaranya UKW.

Sementara itu, dukungan juga disampaikan Wakil Ketua DPRD, Ahmad Khuseini.

Dia menilai peningkatan kompetensi mitra DPRD tersebut merupakan langkah yang efektif dalam menciptakan individu wartawan yang diharapkan bekerja sesuai dengan etika.

“Dengan UKW PWI Provinsi Lampung yang akan digelar di Kota Metro, tentu kami di DPRD sangat mendukung pelaksanaan itu. Ini dalam rangka meningkatkan kompetensi wartawan sebagai mitra kami. Sehingga ketika wartawan itu semakin terdidik dan berkembang, serta cepat dan agresif untuk menangkap peluang dalam menyajikan pemberitaan yang akurat menuju profesionalitas insan pers itu sendiri,” jelasnya.

Ahmad juga mengatakan, peningkatan SDM wartawan yang bertugas di Kota Metro juga sebagai upaya mendukung terwujudnya visi misinya sebagai Kota Pendidikan.

“Dan ketika wartawan itu terdidik secara profesional maka wartawan tersebut juga turut serta mendukung terwujudnya visi misi Kota Metro. Ini juga dapat dikatakan dalam rangka kemajuan Kota Metro untuk mencapai visi dan misi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan,” tambahnya.

Ahmad berharap insan pers di Bumi Sai Wawai ke depan dapat menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dalam melakukan kontrol sosial.

“Kami berharap kepada khususnya PWI atas Uji Kompetensi Wartawan yang akan digelar, sehingga harapannya para wartawan ke depan dapat lebih profesional dengan menjadi mitra kontrol sosial di masyarakat dan mitra kritik yang membangun atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah,” harapnya.(rd)

Komentar